Desperindag Kota Depok, Stock Beras Aman

Desperindag Kota Depok, Stock Beras Aman

HarianDepok.com – Berita, Beras, bahan makanan pokok masyarakat Indonesia, baru baru ini dikabarkan mengalami kelangkaan di pasar pasar tanah air. Hal tersebut membuat masyarakat luas menjadi khawatir akan sulitnya mendapatkan pasokan beras. Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan kenaikan harga beras di pasaran yang meroket akibat kelangkaan pasokan. Tak terkecuali di kota Depok.

Di kota Depok sendiri pun mengalami hal yang serupa. Kelangkaan beras di pasaran mengakibatkan harga bahan makanan pokok tersebut mengalami kenaikan yang cukup fantastis di Depok. Untuk beras dengan kualitas baik yang biasanya dijual dengan harga kisaran Rp.10.000, kini melonjak naik dengan kisaran 50 persen atau setara dengan Rp.15.000. Untuk beras dengan kualitas rendah yang biasa dijual dengan harga Rp.7.500 kini menjadi Rp.10.000 s/d Rp.12.000.

Kelangkaan tersebut, langsung ditampik oleh Dinas Perinsdustrian dan Perdagangan (Desperindag) kota Depok yang mengatakan, bahwa stok beras untuk kota Depok dipastikan aman dari kelangkaan, bahkan sampai saat ini stok ketersediaan beras masih terbilang banyak.

Masyarakat kota Depok saat ini untuk mengkonsumsi beras diprediksikan tidak setinggi wilayah lain, bahkan bisa dikategorikan kota Depok menjadi kota yang paling kecil persentasenya untuk mengkonsumsi beras. Hal tersebut dikarenakan banyaknya warga kota Depok yang menghabiskan waktunya di Jakarta untuk bekerja. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag, Martinho (24/02/15).

Seperti yang dikutip dari situs resmi kota Depok. Untuk menekan harga yang naik secara fantastis, Desperindag telah melakukan koordinasi dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Cianjur. Untuk masalah ketersediaan stok beras, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga mengungkapkan telah mengkalkulasikan stok beras akan cukup untuk tiga bulan kedepan.

Martinho bersama jajaran instansi Desperindag dan bekerja sama dengan Kodim 05/08 serta Bulog Cianjur pun tengah melakukan operasi pasar di sejumlah tempat. Operasi pasar tersebut diklaim telah dilakukan sejak seminggu yang lalu, dan hasil daripada operasi tersebut didapatkan stok beras masih terbilang cukup.

Martinho juga menghimbau kepada masyarakat kota Depok untuk tidak khawatir terhadap kelangkaan stok beras saat ini. Karena stok beras untuk kota Depok masih aman.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: