Sengketa Tanah di Depok Tertinggi di Indonesia

Sangketa Tanah di Depok Tertinggi di Indonesia

HarianDepok.com – Berita , Dengan banyaknya kasus sengketa tanah yang masuk proses hukum, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Dadang M Fuad mengatakan, masalah sengketa pertanahan di Kota Depok termasuk yang tertinggi di Indonesia. Bahkan, sengketa tanah di Depok beberapa kasus berlanjut hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

”Sengketa tanah sangat banyak, bahkan termasuk yang tertinggi di Indonesia. Ada ratusan kasus,” kata Dadang saat ditemui di kantornya, Kamis (26/2/2015).

Dadang mengakui, pihaknya tidak mudah untuk menyelesaikan persoalan sengketa tanah, apalagi kasusnya sudah menumpuk bertahun-tahun. Untuk mengambil keputusan, BPN harus mempertimbangkan banyak aspek.

Karena permasalahan kepemilikan tanah ini sangat krusial dan bisa saja pihak-pihak tertentu yang dirugikan karena keputusan BPN yang salah bisa balik menuntut.

“Salah-salah kami bisa masuk penjara, dianggap korupsi dan segala macam,” jelas Dadang.

Menurutnya, menumpuknya kasus pertanahan di Depok disebabkan oleh petugas yang terlalu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Karena itu, dia selalu memotifasi timnya untuk tidak ragu-ragu megambil keputusan yang sesuai dengan aturan dan perundang-undangan serta proses yang telah ditetapkan pada saat peradilan dan sidang.

”Kalau takut dan ragu-ragu, kapan kita bisa menyelesaikan persoalan yang ada.” Imbuhnya.

Saat ini, seluruh BPN di Indonesia menambah jam pelayanan, termasuk BPN Kota Depok yang membuka layanan pada hari libur, Sabtu-Minggu. Selain itu juga, mereka membuka layanan jemput bola melalui program Larasita pada siang hingga malam hari. Sehingga diharapkan persoalan sengketa tanah secara bertahap dapat diselesaikan dengan baik.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)