Ini Dia Ciri-ciri Komplotan Begal Motor

Ini Dia Ciri-ciri Komplotan Begal Motor

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Aksi komplotan begal motor yang semakin nekat di wilayah Jabodetabek kian marak dan meresahkan. Terakhir kali kawanan begal ini beraksi, salah satu pelaku dihajar massa dan dibakar hingga tewas di lokasi kejadian.

Menanggapi hal ini, kepolisian menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengenali ciri-ciri pelaku pembegalan yang biasanya berkelompok 4 sampai belasan oran.

“Ciri-ciri mereka ini, biasanya kos atau mengontrak rumah. Nanti akan ada datang orang-orang yang secara bergantian ke tempat tersebut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul saat menampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono yang ikut meninjau razia besar-besaran untuk mencegah maraknya pembegalan motor yang terjadi di Jalan Akses UI, Margonda, Kota Depok.

Selain itu, kata Martinus, pelaku begal sangat tertutup dengan warga sekitar, walaupun ada yang bersosialisasi tapi terkadang itu hanya alibi saja untuk menutupi tindakan komplotan mereka agar tidak terlalu dicurigai.

“Walaupun sebenarnya ada yang bersosialisasi, namun ada juga yang tidak bersosialisasi dengan warga sekitar,” katanya.

Selain mengadakan razia dan operasi pengamanan untuk mencegah tindakan kejahatan jalanan seperti begal, aparat kepolisian melakukan penyuluhan kepada seluruh komunitas di masyarakat agar ikut berperan aktif melakukan pencegahan dan pengamanan pelaku yang tertangkap.

“Kemudian, kami juga akan menjalin komunikasi dengan Lurah, RT, RW terkait informasi tentang keberadaan mereka dimana,” terangnya.

Aksi main hakim warga kepada pelaku pembegalan hingga tewas apalagi dengan cara yang sangat sadis yaitu dibakar seperti yang terjadi baru-baru ini, menuntut kepolisian agar merespon dan bertindak lebih cepat agar kejadian serupa tidak terjadi kembali.

“Kami juga akan melakukan gelar personel polisi ke semua tempat rawan, seperti tempat yang pernah ada kejadian, tempat sepi, dan tanpa penerangan. Selain itu dengan menempatkan anggota di Pos Pantau. Pengerahan anggota di beberapa titik juga menjadi prioritas kami,” tandasnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)