Apple Siap Terjun di Dunia Otomotif

Apple Siap Terjun di Dunia Otomotif

HarianDepok.com – Otomotif, Rumor perusahaan produsen smartphone iPhone, Apple yang akan merambah ke dunia otomotif semakin santer terdengar. Jika hal tersebut benar terjadi, maka Aplle akan jadi pesaing serius bagi produsen-produsen mobil.

Dilansir laman autoexpress, ada banyak alasan yang membuat rencana Apple itu pantas diwaspadai produsen mobil lainnya. Apple bakal menjadi mimpi buruk bagi perusahaan-perusahaan otomotif yang lebih dulu terjun karena penguasaan pasar yang telah terbentuk dari produk-produk yang telah dirilis.

Ada beberapa alasan yang ditanggapi serius oleh perusahaan otomotif lainnya menanggapi Apple yang akan memproduksi mobil juga.

  1. Apple memiliki aset yang cukup besar untuk membangun perusahaan baru. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, telah dihitung memiliki kekayaan sebesar US$180 triliun.\
  2. Banyak pegawai senior Apple yang sebelumnya bekerja di industri otomotif mulai dari wakil presiden Eddy Cue (Ferrari) hingga Marc Newson yang mendesain mobil konsep Ford 021C 1999.
  3. Apple sebenarnya telah belajar banyak dalam bisnis otomotif termasuk saat bekerja sama dengan pabrikan mobil untuk penerapan software CarPlay.
  4. Apple punya jalur penjualan yang telah terbentuk di seantero dunia untuk dapat memasarkan mobil Apple.
  5. Dengan memiliki modal yang besar, Apple dapat dengan mudah membajak para pegawai pabrikan mobil tentu untuk bergabung dalam proyek mobil masa depan ini.
  6. Apple punya potensi besar untuk mengakuisisi Tesla. Terlebih saat ini banyak rumor yang mengatakan Apple sudah mulai menarik para pegawai Tesla untuk memuluskan ambisi mereka membuat sebuah mobil.
  7. Mobil-mobil saat ini banyak yang dikembangkan dengan basis software. Dalam hal ini Apple sudah pasti menang di segala konsep dan desain.
  8. Menurut Wall Street Journal, Apple kabarnya telah berbicara dengan beberapa produsen potensial.
  9. Selain punya jalur khusus untuk penjualan, Apple telah memiliki pelanggan yang setia terhadap produk keluaran mereka.
  10. Perusahaan mobil sebenarnya bukan rival sesungguhnya Apple apabila proyek ini benar-benar digarap, karena sudah tentu Apple diatas angin untuk menandingi pabrik otomotif lain. Namun, ada satu perusahaan yang mungkin jadi ancaman apabila ia ikut bermain di produk otomotif pula yaitu Google.

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: