Ingin Saingi Yamaha, Viar Luncurkan Motor Trail Viar Cross X 250 SE

Ingin Saingi Yamaha, Viar Luncurkan Motor Trail Viar Cross X 250 SE

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , Pasar motor tanah air diserang dengan motor “penggaruk tanah” yang sedang digandrungi pecinta motor. Selama ini, sepeda motor yang laku dipasaran memang sepeda motor jenis skuter matik. Setelah Yamaha yang merilis motor trail WR250R, kini giliran produsen lokal, Viar, meluncurkan Cross X 250 SE.

Bertempat di pabrik Viar, Semarang, Jawa Tengah, Viar Motor Indonesia resmi meluncurkan Viar Cross X 250 SE (special engine) spesial untuk trek offroad.

Peluncuran ini seakan menjadi keseriusan Viar untuk menggarap segmen motor offroad. Karena menurut Deputy Director Marketing Viar Motor Indonesia Akhmad Zafitra Dalie, pihaknya melihat segmen khusus yang belum banyak dimainkan oleh pabrikan lain. Untuk itu, Viar mencoba masuk ke segmen itu agar tidak kalah cepat dengan pabrikan raksasa lainnya. Diyakini, motor ini dikeluarkan untuk menunjang penjualan serta menambah eksistensi brand Viar di Indonesia tahun ini.

“Kita melihat produk segmented dengan kualitas yang cukup terjaga tetapi harga bisa tetap dipertahankan. Ini yang membuat kita menarik. Makanya Viar coba menggarap segmen-segmen itu. Contoh misalnya trail. Karena saya lihat mungkin raksasa-raksasa pabrikan pun melihat untuk masukin trail. Tapi mungkin dia enggak cepat. Nah makanya kecepatan itu yang kita ambil,” ungkap Dalie dikutip dari detikOto.

Untuk motor Viar Cross X 250 SE ini, Dalie mengklaim bahwa ini motor asli buatan anak-anak Indonesia yang sudah memenuhi standar internasional.

“Produk ini diproduksi oleh putra-putri Indonesia sesuai dengan positioning Viar walaupun sebelumnya Viar sudah pernah sukses dengan beberepa produk tipe trail,” ujar Dalie di sela acara peluncuran Viar Cross X 250 SE di pabrik Viar, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (22/2/2015).

Dia menambahkan, penjualan produk trail yang sudah dimiliki Viar sebelumnya dinilai menyumbang peranan yang penting untuk eksistensi Viar di Indonesia. Oleh sebab itu, Viar berani mengeluarkan motor trail terbaru.

“Sebelumnya kami sudah sukses mengeluarkan type Trail 150 cc yaitu VX1, VX2 dan yang terbaru Cross X 150, serta yaitu Cross X 200,” bebernya.

Sementara itu, produk motor sport juga tengah memiliki catatan penjualan yang semakin meningkat. Namun, Viar tidak melihat manisnya penjualan motor sport. Sebab, menurut prediksi Dalie, motor sport ini akan berkurang peminatnya.

“Kita melihat dari kemampuan kita sendiri karena market kita sendiri tidak serta merta bisa masuk. Karena kita lihat sport ini dalam waktu dekat bisa berdarah-darah juga. Tapi menariknya kalau sport, dari sisi yang murah sampai mahal pun range harganya panjang. Sehingga sering tidak head to head,” katanya

Karena itu, untuk produk roda dua, Viar fokus ke motor trailnya. Soalnya, belum banyak pabrikan yang mengeluarkan motor trail di Indonesia.

“Viar sendiri melihat yang trail ini masih dilihat belum banyak yang produksi. Sehingga kita lihat belum ada prinsipal atau ATPM (agen tunggal pemegang merek) yang masuk ke sana. Tapi mereka masih fokus ke motor umum,” tandas Dalie.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: