Mantan Dubes Australia Boikot Indonesia itu Tindakan Bodoh

Mantan Dubes Australia Boikot Indonesia itu Tindakan Bodoh

HarianDepok.com – Berita – Internasional ,  Sejumlah pihak di Australia menganjurkan turis untuk memboikot Bali atau pariwisata Indonesia. Seruan memboikot Indonesia ini sempat menjadi tren di media sosial karena hal ini terkait eksekusi mati dua warga Australia yang menjadi sindikat narkoba internasional “bali nine”, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Namun, menurut mantan Dubes Australia untuk Indonesia, Philip Flood, ajakan dan provokasi itu dinilai sebagai “ajakan tolol”. Sebab, menurut dia, tindakan itu tidak akan banyak pengaruhnya kepada pemerintah Indonesia.

Sementara itu, menurut Tony Wheeler, salah seorang pendiri Lonely Planet — yang menerbitkan buku tujuan wisata yang menjadi rujukan di dunia — juga sangat skeptis atas ajakan boikot beberapa pihak di Australia ini.

Menurut dia, seharusnya orang memang sadar politik, namun “tidak seharusnya mereka tidak datang ke satu tujuan wisata gara-gara hal itu”.

“Ada ribuan eksekusi hukuman mati di China dan tak ada yang menyerukan jangan pergi ke China, atau ratusan eksekusi mati di Amerika Serikat namun tidak ada yang bilang jangan pergi ke Amerika,” ujarnya.

Selain itu juga, PM Australia, Tony Abbott mengungkit bantuan 1 miliar dollar dari Australia kepada Indonesia pasca bencana tsunami Aceh 2004 silam. Pernyataan Abbott itu justru membuat polemik terhadap pelaksanaan hukuman mati kepada dua sindikat narkoba internasional, Andrew dan Myuran. Indonesia menganggap pernyataan Abbott tersebut bukanlah bahasa yang baik dalam hubungan diplomatik.

Namun, keputusan Indonesia untuk tetap melaksanakan hukuman mati terhadap dua dua sindikat narkoba internasional, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran mendapat dukungan penuh dari warga Indonesia dan pihak-pihak Australia sendiri yang ikut memerangi narkoba.

Permasalahan narkoba dan pelaksanaan hukum di suatu negara tidak dapat diinterprensi oleh negara manapun karena hal ini adalah salah satu ancaman internasional yang harus diperangi bersama.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)