Meski Harga Minyak Terus Merosot Tidak Membuat Pertamina Menurunkan Semangat Eksplorasinya

Meski Harga Minyak Terus Merosot Tidak Membuat Pertamina Menurunkan Semangat Eksplorasinya

HarianDepok.com- Bisnis – Semakin menurunya harga minyak dunia hingga menembus level US$ 50/ barel dalam beberapa bulan terakhir ini mulai dirasakan imbasnya oelh perusahaan minyak dunia, salah satu yang terkena imbasnya adalah PT Pertamina (Persero).

Syamsu Alam yang menjabat sebagai Direktur Hulu Pertamina memaparkan bahwa, berbagai macam langkah dilakukan untuk menyesuaikanya pada awal realisasi Rencana Kerja tahun 2015 supaya postur biaya tetap memadai hingga akhir tahun nanti.

“Dilihat dari sisi hulu yang kinerjanya dinilai melalui peningkatan produksi serta tambahan cadangan.” Ungkap Syamsu, Selasa (24/ 2/ 2015).

Kendati demikian, ia pun menegaskan apabila penurunan harga minyak mentah belakangan ini tidak menurunkan sedikitpun semangat eksplorasi, meski ada penyesuain strategi pada lokasi- lokasi yang siap di bor secara aktif dan jeli perlu adanya rekalkulasi dengan sangat rinci melalui berbagai aspek yang ada. “Baik dari sisi operasi ataupun dari penyediaan material penunjang lainya.” Ujarnya.

Di sisi lain, berbagai rencana studi serta evaluasi potensi eksplorasi untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi lapangan baru di wilayah mature eksplorasi, di Indonesia bagian barat, maupun dalam cekungan – cekungan sedimen yang ada di Indonesia bagian Timur masih inten untuk dilakukan.

“Kita wajib untuk memperoleh cadangan C2 dengan sebanyak- banyaknya, Contgency Resources, serta harus diyakinkan bahwa hal tersebut merupakan angka yang sudah pasti, sehingga nantinya ketika harga minyak sudah kembali membaik maka kita sudah siap untuk memulai produksi minyak.” Ujar Syamsu.

Kinerja eksplorasi dari Migas Pertamina sendiri pada tahun 2014 kemarin telah mengukir prestasi sendiri. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan tambahan cadanga baru migas kurang lebih 198 juta barel sepadan dengan minyak (BOE).

Dengan Postur Peformance Eksplorasi sedemikian rupa, naik sebesar 70 persen apabila dibandingkan dengan temuan yang ditorehkan pada tahun 2013 kemarin yang hanya sebesar 116 juta BOE. Oleh karena itu Syamsu memaparkan bahwa tingkat keyakinan Pertamina di tahun 2015 ini juga besar untuk meraih kesuksesan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: