Menggunakan BBM Oktan 95, Yamaha WR250R Tetap dirilis PT. YIMM

Menggunakan BBM Oktan 95, Yamaha WR250R Tetap dirilis PT. YIMM

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan motor yang berkemampuan dual-purose terbaru Yamaha. Meskipun dibuat dengan tampilan off-road, Yamaha WR250R diklaim akan tetap terlihat garang meskipun digeber di jalanan aspal.

General Manager After Sales & Motorsport PT YIMM, M Abidin, motor trail berstatus CBU itu memiliki performa yang galak dan tak ayal BBM yang diminum pun harus beroktan 95.

“Kalau lihat di tangki ada informasi bahwa motor ini harus menggunakan oktan 95,” kata dia di sela-sela Media Test Ride Yamaha WR250R di Sirkuit Motocross PPC, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Meskipun begitu, Abidin tak mengharamkan pemilik WR250R untuk menggunakan bensin berokan 92 atau setara Pertamax yang dipasarkan Pertamina.

“Tapi, kalau pakai oktan 92 pastinya performance-nya turun dan tak segalak kalau pakai 95,” imbuhnya.

Abidin menerangkan, Yamaha WR250R merupakan solusi bagi bikers yang gemar off-road tetapi tetap bisa ‘show of’ di jalan beraspal.

“Performance off road WR250R terinspirasi dari motor off road kompetisi Yamaha seri WR-F dan YZ-F,” kata Abidin.

WR250R yang dibangun mesin dengan mesin 4 tak, 4 katup, DOHC, 10.000 rpm satu silinder ini dapat mencapai tenaga maksimum 22,6 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 23,7 Nm pada 8.000 rpm. Dijelaskan putaran mesin tinggi dari motor ‘penggaruk tanah’ ini didapat dari pengaplikasian katup titanium intake dan high lift cam.

Suspensinya spek balap, sokbreker diameternya 46 mm jenis adjustable yang dapat diatur tingkat kekerasannya. Sistem injeksi bahan bakar elektronik dirancang untuk memastikannya kuat, dengan daya yang mulus dan memberikan respon throttle instan.

Lalu, peak performance dari motor ini tak lepas dari penggunaan pendingin cairan (liquid cooled), ceramic-plated cylinder, dan forged piston. Sedangkan, Gearbox-nya 6 percepatan cocok untuk kondisi jalan on dan off road.

WR250R adalah salah satu dari motor terkuat 250 cc yang pernah dibuat Yamaha. Sasisnya super responsif, rangka utamanya terbuat dari alumunium yang ringan dan kuat, swingarm lincah, roda depan 21 inci dan roda belakang 18 inci, rem cakramnya wave-type. Sehingga sangat cocok bagi penggemar ‘garuk tanah’ yang juga bisa tampil di jalan aspal.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: