Tarif Wisata Raja Ampat Naik, Ini Penjelasan Bupati Raja Ampat

tarif wisata raja ampat papua

HarianDepok – Wisata, Wisata bahari Raja Ampat Papua yang merupakan destinasi ‘snorkerling’ terbaik di Indonesia resmi menaikan tafir untuk masuk ke lokasi wisata. Tarif baru masuk wisata ke Raja Ampat disosialisasikan di Belagri Hotel Puncak Arfak, Minggu (22/2/2015) kemarin.

Sosialisasi kenaikan tarif masuk wisata Raja Ampat tersebut dihadiri SKPD terkait lingkup Pemkab Raja Ampat dan pelaku usaha wisata Raja Ampat.

Kenaikan tarif yaitu sekitar 2 kali dari harga sebelumnya yakni wisatawan domestik yang sebelumnya Rp 250.000, naik menjadi Rp 500.000.  Sedang wisatawan internasional dari Rp 500.000 naik menjadi Rp 1.000.000.

Namun, dengan tarif tersebut, wisatawan berhak mendapatkan bukti pembayaran, kartu berlaku satu tahun sejak tanggal pembelian dan souvenir (jika tersedia), ataupun souvenir berbentuk PIN.

Tarif tersebut dinaikan untuk meningkatkan layanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Dijelaskan tarif wisatawan lokal yang Rp 500.000 adalah untuk pemeliharaan jasa lingkungan yang masuk PAD Raja Ampat yaitu sebesar Rp 75.000 sedangkan wisatawan mancanegara sebesar Rp 300.000.  Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan fasilitas di  Kabupaten Raja Ampat.

Sisanya yakni Rp 425.000 dari tiap wisatawan lokal dan Rp 700.000 dari wisawatan mancanegara, dikelola UPTD untuk operasional dan non operasional kawasan konservasi perairan dan untuk dana kesejahteraan masyarakat. Hal ini dinilai sepadan dengan “harga” perawatan dan pemeliharaan perairan Raja Ampat yang harus selalu terjaga dan bersih sehingga terus dapat dinikmati keindahannya.

Bupati Raja Ampat, Drs. Marcus Wanma, MSi mengatakan, keindahan alam laut Raja Ampat tidak diragukan lagi dan sudah mendunia sehingga dirasa harus menyesuaikan tarif dangan kualitas pelayanan dan pengalaman yang didapat dari Raja Ampat.

“Banyak yang bilang berwisata ke Raja Ampat itu mahal, dan bagi kami di Raja Ampat yang indah, menarik serta tidak dijumpai ditempat lain, mahal itu adalah hal yang wajar,” ujar Wanma.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok

One Response

  1. author

    paket wisata 20151 year ago

    What’s up, I check your blog like every week. Your story-telling
    style is awesome, keep up the good work!

    Reply

Leave a Reply