Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Siap dijadikan Smart City

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Siap dijadikan Smart CityKutai Kartanegara, Kalimantan Timur Siap dijadikan Smart City

HarianDepok – Properti , Pemda Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur rencanakan pembangunan Smart City. Bekerja sama dengan Kyushu Economic Federation, kelompok usaha dengan anggota 970 perusahaan besar di Jepang ini, Pemda Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur siap untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama yang telah dibicarakan pada 10 Februari 2015 yang lalu.

“Pembicaraan mengenai kerja sama investasi antara Kyushu Economic Ferederation dan Kadin Indonesia itu dilaksanakan di Fukoka pada 10 Februari 2015 yang akan ditindaklanjuti dengan memorandum of understanding (MoU),” ungkap Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kabupaten Kutai Kartanegara Bambang Arwanto, Senin (23/2/2015).

Ia mengatakan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan membentuk konsorsium perusahaan untuk mengerjakan proyek Smart City dan Bandara Loa Kulu di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pembicaraan kerja sama investasi tersebut juga dihadiri Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari dan Zulnahar Usman dari Kadin Infrastruktur serta Ketua Kyusu Economic Federation Yutaka Aso.

Konsep Kota Pintar tersebut, menurut Bambang, merupakan model kota yang akan dibangun di sekitar Bandara Loa Kulu yang bersinergi dengan infrastruktur Kota Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kota Pintar Kutai Kartanegara ini, merupakan percontohan pertama di indonesia yang digagas Kadin Indonesia dengan menggandeng beberapa perusahaan konsorsium bekerja sama dengan Kutai Kartanegara,” kata Bambang.

Rencananya, peletakan batu pertama dan peluncuran Smart City termasuk Bandara Loa Kulu tersebut dilaksanakan pada Maret 2015 ini.

“Untuk itu, mereka sudah melakukan perhitungan kebutuhan listrik mandiri standar Kota Pintar dengan kabel jaringan bawah tanah,” ungkap Bambang.

Proyek ini merupakan proyek percontohan, sehingga sementara ini belum bisa dipublikasikan secara luas agar selama pengerjaannya dapat langsung di evaluasi untuk pembangungan Kota Pintar di daerah lain di Indonesia. Smart City ini merupakan adaptasi dari kota-kota modern dunia yang telah melakukan hal serupa sehingga diharapkan nantinya Kabupaten Kutai Kartanegara ini dapat menjadi contoh pembangunan tata kota yang baik dalam segala bidang.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: