Depok, Berlakukan KTP Elektronik Seumur Hidup

700 Ribu Warga Depok Ternyata Belum Pegang e-KTP

HarianDepok.com – Berita, Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik seumur hidup telah diberlakukan oleh pemerintah kota Depok. Hal tersebut mengacu kepada Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang berisi mengenai perihal Adminstrasi kependudukan.

Mizbahul Munir, selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kota Depok membenarkan hal tersebut. Menurut keterangannya mengenai kartu tanda penduduk elektronik yang berstatus seumur hidup itu akan diberlakukan setelah memasuki usia wajib KTP.

Dengan demikian, masyarakat kota Depok tak perlu lagi untuk melakukan perpanjangan KTP, karena pada saat penerbitan KTP akan langsung diberlakukan selama seumur hidup. Hal tersebut diungkapkannya kepada kompas, pada Jum’at (20/02/2015) kemarin.

Meski demikian, jika ada perubahan data maka masyarakat silakan melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait untuk segera diproses dan diterbitkan KTP elektronik yang baru sesuai dengan laporan data para pelapor, jelasnya.

Mizbahul juga menghimbau kepada masyarakat kota Depok yang hingga kini masih menggunakan KTP yang lama untuk segera dirubah menjadi KTP elektronik. Untuk permasalahan penerbitan KTP elektronik, masyarakat kota Depok jangan khawatir akan mengalami masa penundaan yang lama di penerbitannya. Saat ini, pemerintah kota Depok tengah melakukan penerbitan KTP elektronik sendiri, jadi prosesnya lebih cepat.

Pemerintah kota Depok yang saat ini tengah menjalani proyek percontohan KTP elektronik dari pemerintah pusat, yakin bahwa proyek tersebut akan berjalan lancar. Saat ini sudah 14 kelurahan yang sudah siap melakukan perekaman dan penerbitan KTP elektronik secara mandiri dengan dukungan alat alat yang sudah dipersiapkan.

Nantinya proyek tersebut akan diberlakukan di seluruh kelurahan kelurahan yang ada di kota Depok yang saat ini berjumlah sekitar 63 kelurahan di 11 kecamatan. Hal ini menjadi salah satu kebanggan pemerintah kota Depok, sebab baru kota Depok saja yang menjadi kota pertama yang melakukan perekaman dan penerbitan KTP elektronik di tingkat kelurahan.

[Izl/EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok