Kota Depok, Kotanya Teknologi dan Informasi

Kota Depok, Kotanya Teknologi dan Informasi

HarianDepok.com – Berita, Kota Depok salah satu kota penyangga Ibukota Jakarta, yang hingga sampai saat ini kemajuannya terbilang cukup pesat. Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan oleh pemerintah kotanya. Mulai dari infrastruktur tatanan kota, hingga sampai pada perekonomiannya. Kini pemerintah kota Depok sedang giat giatnya meningkatkan fasilitas teknologi dan informasi di kotanya sendiri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Depok, M Fitriawan, mengatakan bahwa saat ini di semua kantor instansi instansi pemerintahan kota Depok sat ini, sudah memiliki layanan wifi gratis yang diperuntukan bagi masyarakat kota Depok sebagai salah satu pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan adanya wifi gratis, diharapkan masyarakat kota Depok lebih bisa mendapatkan informasi informasi lebih cepat dan akurat.

Fitriawan juga mengatakan bahwa untuk target pada tahun ini, pihaknya akan memasang layanan wifi gratis di setiap stasiun stasiun kereta di wilayah Depok. Hal tersebut dikatakannya saat menjadi juru bicara dalam seminar ‘Smart City for a Better Public Service’ di Balaikota Depok, Sabtu (21/02/2015).

Misi pemerintah kota Depok menjadikan kota Depok sebagai ‘Smart City’ dan ‘Cyber City’, yaitu mempermudah masyarakatnya untuk mendapatkan segala macam perizinan dan pelayanan dasar dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang kini sudah dibenahi.

Nur Mahmudi Ismail, Walikota Depok juga mengungkapkan bahwa di tahun 2016 pemerintah kota Depok, menargetkan kota Depok menjadi ‘Cyber City’ akan segera terealisasi, ungkapnya saat membuka kegiatan seminar di Balaikota.

Menurut Nur, saat ini untuk menjadikan kota Depok sebagai ‘Smart City’ dan ‘Cyber City’ bukanlah impian lagi, karena saat ini kota Depok dengan dukungan perangkat teknologi yang mumpuni, telah mampu untuk menjadikan kota Depok menjadi ‘Cyber City’.

Perangkat pendukung untuk menjadikan kota Depok menjadi ‘Cyber City’ pun sudah tersedia, beberapa diantaranya yaitu 500 menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh kota Depok sebagai sarana penunjang informasi serta ‘Mobile Community Access Point’ yang bekerja secara kontinyu guna mendukung pembelajaran di berbagai lokasi kota Depok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar melek teknologi dan internet.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: