Program Pemerintah “Satu Juta Rumah” Dianggap Hanya Jargon

Program Pemerintah “Satu Juta Rumah” Dianggap Hanya Jargon

HarianDepok.com- Properti – Para pengembang kini mulai menganggap Program Nasional yang direncenakan oleh pemerintah perihal ‘Satu Juta Rumah’ tidak dapat terealisasi selama rencana tersebut tidak disertai cetak biru dan program yang detail.

“Program pembangunan Satu Juta Rumah hanyalah sebuah jargon semata, dan selamanya akan tetap menjadi jargon karena sampai saat ini detail programnya tidak ada. hal tersebut hanya meneruskan harapan dari wakil presiden Jusuf Kalla saja. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga jalan sendiri tanpa adanya koordinasi”. Ujar Tanto Kurniawan selaku Komisaris PT Hanson Land International Tbk, Minggu (22/ 2/ 2015).

Lebih lanjut ia memaparkan apabila pemerintah benar- benar serius, harus ada koordinasi yang baik dengan para pelaku industri perumahan atau para pengembang, bank yang menyediakan kredit pemilikan rumah yang bersudsidi (KPR – FLPP), yang melibatkan pemerintah daerah guna mempermudah perizinan serta pembebasan PPN bahan bangunan.

“Tak hanya sampai disitu, apabila pemerintah benar- benar mau melibatkan para pengembang properti, maka mereka juga harus memberikan kemudahan dalam mendapatkan kredit konstruksi yang memiliki bunga yang rendah. Oleh karena itu, apabila rumah sudah selesai dibangun maka KPR FLPP-nya juga sudah berlaku kepada Konsumen.” Ujarnya.

Yang sangat disayangkan adalah hingga kepemimpinan empat bulan Presiden Joko Widodo dan Wakilnya Jusuf Kalla, kata Tanto, tidak ada sebuah usaha untuk menuju koordinasi dengan melibatkan secara langsung semua pemangku kepentingan yang ada serta dana dari para pihak yang selama ini bergelut didalam penyediaan rumah.

“Dapat ditebak dengan mudah akibatnya, semua berjalan secara sendiri- sendiri. Jangankan dapat membangun satu juta rumah, seperempat juta rumah pun masih akan diragukan.” Papar Anto.

Oleh karena itu, jangan salahkan para pengembang apabila backing hunian kini terus membengakak menjadi 13,5 juta unit hingga 15 juta unit. Para pengembang properti akan terus melakukan upaya pembangunan hunianya sesuai dengan rencana strategis serta kepentingan dari binis mereka yang berorentasi pada profit.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)