Di Bundaran HI Sudah Terkumpul Sekarung Koin untuk Australia

Di Bundaran HI Sudah Terkumpul Sekarung Koin untuk Australia

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, ketika Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sejumlah warga yang enggelar kampanye “Koin Untuk Australia” berhasil mengumpulkan kepingan uang logam hingga satu karung besar. Menurut salah satu penggagas aksi, Minggu (22/2/2015), Tatat Utami mengatakan, “Hasil yang terkumpul saat ini bukan masalah jumlahnya. Tapi Ini sebagai simbol”. Tujuan utama aksi hari ini menurut Tatat bukanlah nilai nominal yang telah terkumpul. Antara lain merupakan ajakan untuk masyarakat agar melakukan hal yang sama.

Ia dan sejumlah orang yang mempunyai pemikiran serupa setuju untuk menggelar aksi kampanye ini sebagai reaksi atas pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott beberapa waktu lalu. “Ini adalah simbol sebuah harga diri,” tegas Tatat. Dia mengatakan, mereka berencana mengirimkan koin yang telah mereka kumpulkan hari ini ke kantor Kedutaan Besar Australia yang berada di Jakarta beberapa hari yang akan datang. Mereka hanya akan memberikan Koin yang terkumpul hari ini saja, tidak dari gabungan aksi di tempat lain.

Sebuah upaya agar duo “Bali Nine” yaitu Myuran Sukumaran (33) dan Andrew Chan (31) tidak dieksekusi mati, sebelumnya Perdana Menteri Australia Tony Abbott berpidato meminta agar pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia bersikap “resiprokal” atas bantuan Australia ketika bencana tsunami di Aceh, agar membatalkan ekskusi mati terhadap Sukumaran  dan Chan. Pernyataan itu mendapat kecaman dari rakyat Indonesia karena dianggap mengungkit bantuan dari Australia terhadap bencana tsunami yang terjadi di aceh.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok