Meningkatnya Kebutuhan Konsumsi Semakin Mendongkrak Perdagangan Online

Meningkatnya Kebutuhan Konsumsi Semakin Mendongkrak Perdagangan Online

HarianDepok.com- Bisnis – Pada tahun ini peningkatan yang signifikan dialami oleh konsumsi atas ponsel pintar serta akses internet di Indonesia dan negara emerging market lainya. Peningkatan tersebut juga merupakan peningkatan yang paling dominan jika dibandingkan dengan sektor terseier lainya, selain itu pada tahun ini diperkirakan konsumsinya juga akan semakin membesar.

Dilihat dari survai perusahaan keungan global Credit Suisse, masyarakat Indonesia lebih menginginkan untuk membeli smartphone serta mengakses internet jika dibandingkan dengan kendaraan, traveling, atau bahkan properti. Survai tersebut dilakukan kepada 1600 orang yang ada di 10 kota yang ada di Indonesia.

Sisse Ella Nusantoro selaku Director Equity Research Credit memaparkan, “Stand up yang sama seperti halnya negara emerging lainya smartphone dan akses jaringan internet. Ini adalah habit yang sama.” Jumat (20/ 2/ 2015).

Di Indonesia sendiri kepimilikan smartphone sendiri mencapai 40 persen pada tahun 2014 kemarin. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya sekitar 24 persen saja. Pengguna internetnya juga ikut- ikutan naik menjadi 38 persen, yang sebelumnya hanya 28 persen pada tahun 2013. Sementara itu merk bernd Samsung menjadi merk yang paling signifikan mengalami kenaikan yang sebelumnya hanya 2 pada tahun 2010 menjadi 46 persen pada tahun 2014 tahun lalu.

Lebih lanjut Ella memaparkan bahwa peningkatan tersebut didukung oleh pendapatan masyarakat oyang kian meningkat sebesar tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2010 kemarin, yakni kini menjadi US$ 3.000/ kapita. Setelah kebutuhan primer terpenuhi smartphone merupakan barang yang paling dicari setelahnya.

Kondisi tersebut ternyata juga meningkatkan perdagangan online , mengingat pasar ritel yang dijajakan secara langusung kurang berkembang, terlebih untuk kawasan pedesaan. Sedangkan pendapatan yang tinggi meningkatkan tingkat konsumsi yang tinggi pula.

“hal tersebut meningkatkan jumlah dari perdgangan ritel online tahunan yang mencapai hingga US$ 3 triliun yang juga berpengaruh terhadap sektor keungan, teknologi, serta keamanan”. Ungkap Ella. Peningkatan penjualan online tidak hanya di Indonesia, di India juga meningkat sebanyak 20 persen.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: