Kota Depok Siapkan 20 Sekolah Untuk Lakukan Ujian Nasional Secara Online

Kota Depok Siapkan 20 Sekolah Untuk Lakukan Ujian Nasional Secara Online

HarianDepok.com – Berita, Pemerintah kota Depok melalui Dinas Pendidikannya saat ini tengah mempersiapkan sekolah sekolah yang ada di wilayahnya guna melakukan Ujian Nasional (UN) secara ‘online’. Sekolah sekolah yang nantinya akan menjadi pelaksana UN secara online meliputi 20 sekolah sekolah menengah atas (SMA) sederajat negeri dan swasta.

Kepala Bidang Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan Kota Depok Tati Wijayati mengaku bahwa pihaknya telah siap untuk menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) secara ‘Online’ di sekolah sekolah yang sudah ditunjuk.

Dari 20 sekolah menengah yang akan menjadi pelaksana Ujian Nasional (UN) secara ‘Online’ diantaranya adalah 13 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan Swasta, sedangkan 7 sekolah lainnya dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta. Diluar dari sekolah sekolah tersebut, Ujian Nasional (UN) masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu dengan mengisi lembar jawaban ujian nasional (LJUN), jelasnya.

Tati juga mengungkapkan bahwa pihaknya mengajukan 20 sekolah sekolah tersebut ke Kementerian Ristek dan Dikti karena menurutnya, 20 sekolah itu, sudah layak menjadi pelaksana Ujian Nasional (UN) secara ‘Online’ karena sarana dan prasarananya yang sudah memadai. Hal tersebut diungkapkannya ke media di Balaikota Depok, Jumat (20/02/2015).

Untuk teknis pelaksanaan Ujian Nasional secara ‘Online nantinya, para peserta Ujian Nasional akan dibagi beberapa gelombang yang akan disesuaikan dengan ketersediaannya komputer di sekolah masing masing. Meski demikian, Tati juga menjamin bahwa Ujian Nasional secara ‘Online’ tersebut akan aman dari kecurangan, karena di setiap komputer komputer tersebut akan di ‘setting’ dengan soal soal yang di acak setiap komputernya, jelasnya.

Dinas Pendidikan Kota Depok saat ini masih menunggu persetujuan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk dapat menyetujui pengajuan 20 sekolah tersebut untuk dapat mengikuti Ujian Nasional (UN) secara ‘Online’, yang sebelumnya hanya lima sekolah saja yang ditunjuk sebagai pelaksana.

Tati berharap, hal tersebut dapat terealisasikan, agar kota Depok yang dijuluki sebagai kota ‘Smart City’ dan ‘Cyber City’ ini bisa menjadi kota percontohan bagi kota kota pendukung lainnya.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: