Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Kota Depok Semakin Banyak

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Kota Depok Semakin Banyak

HarianDepok.com – Brita, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah salah satu upaya pemerintah dalam mendukung program Indonesia sehat yang diperuntukan bagi siswa siswi yang masih menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini menjadi bukti, bahwa pemerintah memang tengah serius untuk menjalani program program kesehatannya, mulai dari Jamkesda hingga BPJS.

Di kota Depok sendiri, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai bentuk peningkatan kesehatan ditempat belajar mengajar, sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pasalnya hampir seluruh sekolah sekolah yang terdapat di kota Depok, memiliki UKS.

Terhitung pada bulan Desember 2014, kota Depok telah memiliki sekitar 1000 an UKS yang tersebar di sekolah sekolah kota Depok. Untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) terdapat 351 unit, Sekolah Dasar (SD) terdapat 474 unit, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 160 unit dan di Sekolah Menengah Pertama (SMA) terdapat 111 unit UKS.

Terpenuhinya UKS di setiap setiap sekolah yang ada di kota Depok saat ini, semua berkat peran aktif Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok yang berupaya memajukan kesehatan di seluruh kota Depok, termasuk di setiap sekolah sekolahnya.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Intan Yustisia mengaku bersyukur kini Depok sudah memiliki banyak UKS yang diharapkannya bisa mendongkrak kesadaran siswa siswi di sekolah tentang pentingnya kesehatan. Hal tersebut diungkapkannya usai mengijuti rakot TP-UKS di Balaikota Depok, Rabu (18/02/2015).

Kegiatan UKS untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ini akan terus menerus dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan. Beberapa diantaranya adalah, monitoring evaluasi jajanan yang terdapat di kantin kantin sekolah, penyuluhan makanan yang baik kepada siswa siswi, pelatihan pengawas pangan cilik, bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), seminar imunisasi bagi orang tua anak Sekolah Dasar, inspeksi saluran pembuangan yang terdapat di sekolah serta penyuluhan PHBS.

Intan pun mengharapkan adanya kerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk mendukung kemajuan UKS di kota Depok, mengingat hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama antara dinas kebersihan dan dinas kesehatan kota Depok.

[Izl/AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)