Indonesia Menempati Urutan Ke Dua di Asia Karena Membangun 159 Hotel

OlIndonesia Menempati Urutan Ke Dua di Asia Karena Membangun 159 Hotel

HarianDepok.com- Properti – Selama bulan Januari 2015 ini, Indonesia tengah membangun kamar sebanyak 28.652 dalam 159 hotel. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia menempati negara ke dua yang paling banyak membangun hotel di kawasan Asia.

Posisi puncak negara yang paling banyak membangun hotel adalah Tiongkok dengan jumlah kamar mencapai 140.952 pada 460 hotel. Lalu disusul dengan Indonesia, lalu India dengan jumlah kamarnya 26.444 dengan 161 hotel, dan Malaysia yang membangun 43 hotel dengan jumlah kamar mencapai 11.885 ruang kamar.

Sedangkan untuk Jepang dan Filipina menempati posisi peringkat berikutnya yakni dengan masing- masing 29 hitol dengan 6.851 kamar dan Filipina dengan jumlah kamar hanya 6.777 dalam 24 hotel yang akan dibangunya.
eh karena itu, sesuai dengan riset yang dilakukan oleh STR Global sebuah lembaga yang menyediakan data hotel secara international memaparkan, ada 542.2017 kamar dari 2.400 hotel yang akan dibangun dalam pipa pengembangan yang ada di seluruh kawasan Asia Pasifik.

Jumlah hotel melalui pipa pengembangan tersebut mencakup proyek- proyek yang kini dalam tahap konstruksi, perencanaan untuk dikembangkan, atau perencanaan final.

Elizabeth Winkle selaku Managing Director memaparkan, “Akan tetapi riset tersebut tidak memasukkan proyek- proyek perencanaan yang saat ini belum ada konfirmasi”. Selasa, (17/2/2015). Oleh karena itu, hitung- hitungan jumlah kamar dan hotel yang akan dibangun di tahun 2015 ini kemungkinan besar masih dapat bertambah.

Di Indonesia sendiri dengan acuan Jadebotabek dan juga Bali sebagai mangsa pasar perhotelan utama dan semakin dididik jaringan operator internasional. Sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh Cushman and Wakefield, sampai bulan Desember 2014, hotel baru yang beroprasi di Jakarta yakni termasuk Santika Jakarta Kelapa Gading, Double Tree by Hilton, Best Westren Grand Palace, dan Holliday in Express. Jumlah keseluruhanya mencapai 3.900 unit.

Kendati hotel dengan kelas menengah mendominasi, akan tetapi hotel kelas atas serta mewah juga memperlihatkan segmentasi pertumbuhan yang positif.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: