Pantangan di Tahun Kambing Bagi Enam Shio

Pantangan di Tahun Kambing Bagi Enam Shio

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Di tahun kambing kayu ini, mungkin bagi agi anda yang memiliki shio kambing logam ini bisa dibilang akan mujur. Tapi ada sejumlah shio yang memiliki kesialan dengan shio kambing tahun ini. Bagi shio yang berpantangan dengan shio kambing, dia harus melaksanakn ritual khusus yakni harus melakukan sembayang Jung Dai Suei. Bagi umat Tridharma hari raya imlek sudah menjadi bagian penting. Imlek digambarkan sebagai hari pertama dari munculnya matahari berbarengan dengan detik terakhir dari tahun lama. Beberapa warga Tiong Hoa melakukan ibadah di klenteng setiap memperingati pergantian tahun baru Imlek.

Tahun sekarang merupakan shio kambing yang dibentuk dari tiga unsur yakni tiche dari ranting bumi berunsur tanah, gienkan dari batang langit berunsur kayu, yang terakhir adalah using na ing yang merupakan kombinasi dari keduanya, dan menjadi berunsur logam atau emas. Shio kambing mempunyai peruntungan yang bisa dikatakan akan selalu mujur, shio kambing sosok yang tepat waktu dan dermawan, serta tidak sungkan mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama yang mengalami musibah.

Menurut Ong King Kiong, ketua bidang agama P.T.I.TD mengatakan “Ada sejumlah pantangan bagi shio lain terhadap shio kambing kayu diantaranya yakni shio naga khusus untuk kelahiran 1964/1940, shio anjing dengan angka kelahiran 1982, shio sapi untuk kelahiran 1973/2009, dan shio kambing sendiri dengan angka kelahiran tahun 1991,”. Selain memanjatkan doa-doa sebagai wujud syukur dan harapan supaya bisa menjalani tahun depan yang lebih baik. Warga Tiong Hoa pun memanjatkan harapan-harapan yang baik pada Kim Cua yang berisi kata-kata ataupun harapan.

Doa juga bisa dilakukan dengan memberikan persembahan buah-buahan lima unsur warna yang merupakan perlambangan lima arah. Merah berarti selatan melambangkan api, Putih arah barat melambangkan logam, Hijau melambangkan arah timur dan selaras dengan unsur kayu,, Hitam arah utara yang juga melambangkan air, dan Kuning arah tengah selaras dengan bumi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok