Ahok Rayakan Imlek Di Jakarta

Ahok Rayakan Imlek Di Jakarta

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada hari ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku tidak memiliki tradisi khusus untuk merayakan Imlek. Di hari raya tersebut Ahok dan keluarga memanfaatkannya untuk silaturahmi dan sungkeman kepada ibundanya. “Biasanya saya ke rumah orangtua,” ucap Ahok di Balai Kota, Selasa (17/2/2015).”Mungkin besok (hari ini)  saya hanya mengunjungi rumah orangtua yang sedang merayakan Imlek. Di lanjut ke rumah om, tante dan lain-lain yang juga sedang merayakan Imlek. Tetapi tidak sampai mudik sih,” jelas Ahok.

Ahok seluarga menghabiskan liburan Imlek di Jakarta. Semua sanak saudaranya akan berkumpul di kediaman ibunda Ahok, Buniarti Ningsih. Dikarenakan ibunya adalah anak tertua dan selalu didatangi oleh adik-adiknya.”Ibu saya yang paling tua di keluarga saya. Jadi nanti kami hanya tinggal menunggu keluarga yang lain untuk datang ke rumah,” ucapnya. Sewaktu saya masih kecil di Belitung Timur, kerabatnya dan keluarga biasanya berkunjung ke rumah dan memberi angpau, amplop berisi uang yang biasanya dibagi-bagikan pada perayaan Imlek.

Tradisi tersebut berhenti ketika Ahok mulai jadi pejabat. “Sekarang tidak boleh berurusan dengan yang namanya angpau, gratifikasi,” gurau Ahok sambil tertawa. Keluarga Ahok juga tidak akan mengadakan “open house” di rumahnya. “Saya memang tidak pernah menggelar open house untuk merayakan Imlek. Jadi, ya, tidak ada open house,” jelasnya. Basuki Tjahaja Purnama adalah Tionghoa tulen. Nama Tionghoanya adalah Zhong Wan Xie. Dia lahir di Manggar, Belitung Timur, 29 Juni 1966. Sebelumnya ia seorang pengusaha dan sempat memimpin PT Nurindra Ekapersada, dan akhirnya mulai merintis karir di jalur politik dengan menjadi Bupati Belitung Timur pada 2005 lalu.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok