Jokowi Tunjuk Indriyanto Seno Adji, Johan Budi, Taufiequrahman Ruki Jadi Plt KPK

Jokowi Tunjuk Indriyanto Seno Adji, Johan Budi, Taufiequrahman Ruki Jadi Plt KPK

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Konferensi pers perihal kisruh KPK dan Polri akhirnya digelar oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi pun menunjuk calon kapolri baru yakni Komjen Badrodin Haiti. Tidak hanya  tentang pergantian calon kapolri, Jokowi juga mengambil tindakan kebijakan tentang kepemimpinan KPK. Karena kedua pimpinan KPK telah ditetapkan sebagai tersangka, dan Jokowi memutuskan untuk memberhentikan sementara kedua pimpinan KPK tersebut.

Dan berarti ada tiga kursi pimpinan yang kosong, karena wakil ketua KPK Busyro Muqqodas sudah berakhir periode jabatannya akhir tahun kemarin. maka Jokowi pun menunjuk tiga orang untuk mengisi kekosongan tiga pimpinan dan menjadi pelaksana tugas (Plt) yakni Indriyanto Seno Adji, Johan Budi dan Taufiequrachman Ruki. “Saya akan mengeluarkan Keppres prihal pemberhentian sementara dua pimpinan KPK dan selanjutnya akan dikeluarkan Perppu untuk pengangkatan sementara pimpinan KPK untuk kelangsungan kerja di lembaga KPK. sesudah itu diiringi dengan penerbitan Keppres pengangkatan tiga anggota sementara yakni Indriyanto Seno Adji, Johan Budi  dan Taufiequrachman Ruki.

Sebelumnya Taufiequrachman Ruki pernah menjabat sebagai Ketua KPK pada 2003 lalu. Taufiequrachman adalah lulusan terbaik Akademi kepolisian (Akpol) 1971. saat di PTIK ia berhasil lulus dengan peringkat 4 terbaik. Sedangkan Indriyanto Seno Adji adalah seorang guru besar hukum pidana Universitas Indonesia. Dan nama terakhir yang akan menjadi Plt pimpinan KPK adalah Johan Budi yang menjabat sebagai Deputi Pencegahan KPK.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok