Hasil Pertandingan Liga Champions: FC Basel Vs FC Porto, Berkat Gol Pinalti Danilo, Porto Tahan Imbang Tuan Rumah 1-1

Hasil Pertandingan Liga Champions  FC Basel Vs FC Porto

 

HarianDepok.com – Olahraga – Sepakbola – Liga Champions , Menjamu Porto di St. Jakob Park, Kamis (19/2/2015) dinihari WIB, Basel harus puas memetik hasil imbang 1-1 kala menjamu Porto di leg I babak 16 Besar Liga Champions.

Statistik menunjukkan tuan rumah kalah penguasaan bola 40%-60%. Mereka cuma melepaskan satu tembakan sepanjang 90 menit yang berakhir dengan gol, sedangkan Porto punya 15 percobaan dengan tujuh mengarah ke gawang.

Memasuki babak pertama, kedua tim bermain agresif, saling serang sejak wasit Clattenburg meniup peluit pertanda kick-off. Baik Basel maupun Porto sama-sama ingin lebih dulu mencetak gol. Namun tidak adanya dominasi satu tim di laga ini, membuat pertandingan berjalan imbang.

Malapetaka terjadi bagi tim tamu, Porto sempat tertinggal lewat gol cepat pemain muda Basel Derlis Gonzalez pada menit ke-11. Mantan pemain Benfica itu memanfaatkan umpan Fabian Frei dengan melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti ke pojok kiri bawah gawang Fabiano lewat kaki kanannya.

Namun beberapa saat kemudian, Derlis harus ditarik keluar. Upayanya dalam mencetak gol berujung pada kendala cedera setelah bertabrakan dengan kiper Porto.

Bagi tim tamu, gol tersebut melecut semangat untuk bangkit membalas. Casemiro dkk pun bermain lebih terbuka dan terus menekan dari segala penjuru lapangan.

Pada menit ke-35, Port melancarkan serangan lain. Hector Herrera melepaskan umpan terobosan kepada Tello di sisi kanan. Bola diterima Tello dan sukses menaklukkan Vaclik dalam duel satu lawan satu. Tapi gol tak disahkan wasit karena hakim garis menunjukk Tello lebih dahulu dalam posisi offside.

Giliran Yacine Brahimi yang menebar ancaman pada menit ke-43. Umpan Oliver diteruskan sepakan mendatar Brahimi dari dalam kotak penalti. Tapi Vaclik dalam posisi siap menahan bola. Babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Porto berhasil menyamakan kedudukan lewat Casemiro ketika babak kedua berjalan tiga menit. Sayangnya, gol itu kemudian dianulir karena offside setelah Clattenburg berdiskusi cukup lama dengan asistennya. Bola yang sempat dibawa ke tengah lapangan pun dikembalikan ke kotak penlati Basel.

Oliver Torres ikut memberikan ancaman dengan menembus pertahanan Basel dan melepas tendangan flick di depan gawang Vaclik. Hanya saja bola sedikut lebih tinggi melambung dari gawang.

Tekanan terus diberikan Porto. Umpan terobosan Oliver Torres diterima Tello di sisi kanan dan dalam posisi cukup bebas. Bola kemudian diarahkan ke tiang dekat, tapi Vaclik lagi-lagi masih sigap mengamankan gawangnya.

Peluang lain didapatkan Porto pada menit ke-65. Torres menyodorkan bola ke Martinez di dalam kotak penalti. Di bawah kawalan satu bek, Martinez sempat mencoba mencungkil bola melewati Vaclik. Bola memang melewati kiper Basel itu, tapi tak masuk ke gawang karena cuma mendarat di jala atas.

Porto akhirnya sukses mencetak gol lewat penalti di menit ke-79 yang dieksekusi oleh Danilo. Crossing Danilo mengenai tangan Walter Samuel yang melakukan sliding tackle. Calttenburg menunjuk titik putih dan Danilo sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor.

Porto melaju ke perempat final pertama kali setelah menjadi juara pada 2004 silam, dengan hasil imbang ini, Porto layak menatap leg kedua dengan lebih optimistis mengingat punya keunggulan satu gol tandang. Laga penentuan akan digelar di Estadio Do Dragao, 11 Maret mendatang.

 

[NandaRiskiawan/HD]

 

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten