Kota Depok jadi ‘Pilot Project’ e-KTP

Kota Depok jadi 'Pilot Project' e-KTP

HarianDepok.com – Berita, Pemerintah kota Depok saat ini dipercayakan oleh pemerintah pusat untuk menjadikan kotanya sebagai proyek percontohan e-KTP. Untuk sistem pelayanan serta pembuatannya pada proyek percontohan tersebut akan dilakukan di tingkat kelurahan masing masing. Dengan catatan, blanko untuk pencetakan e-KTP masih diberlakukan dengan menggunakan blanko Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari 63 kelurahan yang ada di kota Depok, sebanyak 14 kelurahan telah menjalani proyek percontohan e-KTP. Nantinya secara bertahap akan dilakukan di seluruh kelurahan kelurahan yang ada di Depok. Hal ini dituturkan oleh Mizbahul Munir selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatab Sipil (Dukcapil) kota Depok.

Ia pun menjelaskan perihal proyek percontohan tersebut. “Untuk masing masing kelurahan yang telah menjalani proyek e-KTP masih tetap menggunakan blanko e-KTP yang diperoleh dari Kemendagri, untuk masalah penerbitan blanko tersebut, masih di bawah tanggung jawab Kemendagri sepenuhnya, untuk masalah pembuatan e-KTP sudah bisa dilakukan di tiap tiap kelurahan yang telah menjalani proyek percontohan tersebut.”

Alat alat pendukung proyek percontohan e-KTP seperti komputer dan alat alat cetak serta alat pendukung lainnya telah siap untuk digunakan di 14 kelurahan di kota Depok, hanya tinggal menunggu blanko dari Kemendagri saja, tutur Munir.

Sebelumnya untuk penerbitan e-KTP itu sendiri masih menjadi tanggung jawab Kemendagri termasuk untuk pengadaan blanko, ujar Munir saat usai menghadiri rapat kerja dengan DPRD Depok Komisi A, Senin (16/02/2015).

Nanti pada April 2015 mendatang, semua kelurahan yang ada di kota Depok sudah bisa melayani dengan penuh untuk pengurusan dan penerbitan e-KTP dengan masih menggunakan blanko dari Kemendagri.

Total jumlah penduduk kota Depok, menurut Munir saat ini ada sekitar 1,4 juta jiwa, namun hanya 998 ribu saja yang baru memiliki e-KTP.
Berarti masih ada 402 ribu warga kota Depok yang masih belum mempunyai e-KTP, dimana sebagian warga ada yang sudah melakukan perekaman di kelurahan namun tinggal menunggu penerbitan e-KTP saja dan ada juga yang masih belum melakukan perekaman sama sekali, ungkap Munir.

[Izl/EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok