Rp 200 Miliar, Harga Yang Pas Untuk Batu Giok Aceh Yang Seberat 20 Ton Ini

Rp 200 Miliar, Harga Yang Pas Untuk Batu Giok Aceh Yang Seberat 20 Ton Ini

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Batu giok yang beratnya sekitar 20 ton tersebut telah menghebohkan masyarakat Aceh saat ini. Para pencinta batu akik di sana memprediksi harga batu tersebut bisa mencapai Rp 200 miliar. Menurut Hendro Saky, Sekertaris Komunitas Pecinta Batu Alam (KPBA) Aceh mengatakan, jika dihitung secara kasar,  Rp 200 miliar dianggap pantas sebagai harga yang pas untuk batu yang diprediksi memiliki kandungan jenis idocrase super tersebut. Batu yang memiliki kandungan seperti itu sangat tinggi Harganya. “Anggap saja dari 20 ton itu hanya 2 ton saja yang super,” ucapnya kepada Tempo, Selasa (17/2/2015).

Di pasaran batu mulia, Harga batu akik yang mengandung idocrase super mencapai Rp 100 juta per kilogram. Satu kilogram batu tersebut dapat menghasilkan 10-12 mata cincin. Berarti harga 2 ton batu tersebut sekitar Rp 200 miliar. “Itu belum yang lainya, jenis neon dan  solar harganya di bawah jenis itu,” ucap Hendro, Senin (2/22015) lalu. Batu giok seberat 20 ton itu ditemukan oleh seorang warga Desa Pante Ara bernama Usman di hutan lindung yang berjarak sekitar 10 kilometer dari perumahan. Yakni di kawasan hutan lindung Desa Pante Ara, Kecamatan Beutong Ateuh, Kabupaten Nagan Raya.

Kabar penemuan tersebut kemudian menyebar dari mulut ke mulut. Penduduk desa sekitar mulai berdatangan dan saling mengakui kepemilikan batu tersebut. Perebutan tersebut hampir menimbulkan kerusuhan. Namun pemerintah setempat mngeluarkan peraturan pelarangan menambang batu giok untuk sementara waktu. Namun Usman tidak bisa mengolah batu tersebut, akhirnya Polisi yang turun tangan. Hingga kini Batu tersebut masih berada di lokasi penemuan dalam penjagaan ketat aparat kepolisian.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok