Abraham Samad Terancam 8 Tahun Penjara Atas Kasus Pemalsuan Dokumen Feriyani Lim

Abraham Samad Terancam 8 Tahun Penjara Atas Kasus Pemalsuan Dokumen Feriyani Lim

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sebelumnya Ketua KPK Abraham Samad diketahu telah resmi berstatus tersangka, atas dugaan kasus pemalsuan dokumen. Penetapan tersangka diberikan penyidik Polda Sulselbar setelah memeriksa 23 orang saksi dan melakukan sidang perkara. Dalam keterangan Kabag Penum Polri, Kombes Pol Rikwanto membenarkan mengenai status tersangka Samad tersebut. Menurutnya, Abraham Samad akan diperiksa oleh penyidik Polda Sulsel pada Jumat (20/2/ 2015).

Seperti yang diungkapkan Rikwanto di Mabes Polri Jakarta, Selasa (17/2/2015) “Jadi hari ini akan dikirimkan surat panggilan kepada Abraham Samad sebagai tersangka untuk datang ke penyidik di Polda Sulsel hari Jumat (20/2/2015). Jadi kalau sudah dilayangkan surat pemanggilan sebagai tersangka, status ya pasti tersangka,”  Tapi Rikwanto belum bisa menyimpulkan apakah Abraham Samad akan  langsung dilakukan penahanan atau tidak. Rikwanto menjelaskan, kasus yang menjerat Ketua KPK tersebut adalah menyangkut administrasi kependudukan. Jadi Abraham Samad diancam dengan pidana 8 tahun penjara.

Rikwanto menjelaskan, “Yang jelas ia dijerat pasal 263, 264, 266 KUHP, dan pasal 93 UU RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang sudah direvisi pada UU Nomor 24 tahun 2013. Ini dan ancaman hukumannya maksimal 8 tahun penjara”. Ketua KPK Abraham Samad oleh Polda Sulsel ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuaan dokumen teman dekatnya, Feriyani Lim.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok