Gempa Berkekuatan 6,9 Skala Richter Guncang Jepang

Gempa Berkekuatan 6,9 Skala Richter Guncang Jepang

HarianDepok.com – Berita – Internasional – Tokyo , Pada pagi hari ini tepatnya tanggal 17 februari 2015, kembali diguncang gempa yang memiliki kekuatan sebesar 6,9 skal richer di kawasan honshu bagian utara negara jepang. Tepat pada pukul 06.06 gempa tersebut terjadi. Sementara pusat gempa telah diketahui berada di sekitar 220 kilometer yang berada di sebelah timur miyako yang memiliki kedalaman setinggi 10 kilometer di atas permukaan laut. Pernyataan ini diutarakan oleh badan geologi amarika serikat, yang telah diterangkan di Ruters pagi ini. Gempa ini terjadi dengan kekuatan yang cukup besar, sehingga warga sempat di hebohkan dengan adanya gempa tersebut.

Meskipun terjadi gempa yang cukup besar, sampai saat ini masih belum ada peringatan lebih lanjut dari pusat peringatan tsunamai terkait dengan ancaman yang mungkin terjadi dari tsunami pasifik. Namun meski demikian pihak dari badan meteorologi jepang telah memberikan peringatan tsunami khusus untuk wilayah sekitar pesisir lwate, sehingga dengan hal ini diharapkan masyarakat sekitar kawasan tersebut untuk lebih berhati- hati dan waspada. Karena gempa tidak bisa diperkirakan lagi kapan terjadi dan kekuatannya. Sementara itu japan today memberitakan bahwa akan terjadi tsunami kemungkinan akan terjadi pada dini hari dengan ketinggian 1 meter.

Negara jepang memang sangat rentan dengan gempa, karena wilayahnya yang berada pada pertemuan lempengan tektonik. Sehingga tidak heran jika sering terjadi gempa, karena pada saat lempengan tersebut bergesar, akan mengakibatkan adanya gempa. Gempa di jepang juga pernah terjadi pada tahun 2011 silam dengan memiliki kekuatan 9 skala richer tepatnya pada bulan maret. Akibat dari gempa ini, negara jepang mengalami banyak kerugian dan menewaskan lebih dari 15 juta orang. Gempa tersebut mengakibatkan adanya tsunami di laut jepang bagian timur. Oleh sebab itulah saat ini warga lebih waspada dengan adanya gempa yang terjadi. Karena gempa yang sebelumnya banyak menewaskan korban serta banyaknya bangunan yang roboh.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: