Batu Giok Aceh Raksasa Di Perebutkan Warga Dan Pendatang

Batu Giok Aceh Raksasa Di Perebutkan Warga Dan Pendatang

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Batu Giok kini tengah mejadi tren masyarakat luas hingga mancanegara.Harganya pun bervariasi, dari puluhan ribu sampai miliaran rupiah. Dari hal tersebut membuat batu giok di Nagan Raya, Aceh, jadi rebutan antara warga dan pendatang. Sampai polisi turun tangan untuk menjaga keamanan di wilayah Nagan Batu alam tersebut berada di dekat aliran sungai di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya. Lokasinya di kawasan hutan, dan hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki sekitar 1-2 jam.Belasan kilometer dari jalan provinsi.

Minggu lalu, gara-gara batu tersebut ratusan warga dan para pendatang sempat berseteru. Warga sekitar tidak mengizinkan batu tersebut diambil karena ada peraturan pengambilan batu alam yang dikeluarkan pemerintah setempat. Di pihak lain para pendatang bersikeras ingin mendapatkan batu tersebut. Perseteruan dua kelompok tersebut cukup ‘panas’. Dan sampai ada yang membawa senjata tajam juga. Beruntung polisi berhasil melerai perseteruan mereka.

Setelah kejadian tersebut, garis polisi dipasang di sekitar batu. Dan tidak ada yang boleh mengambilnya sedikit pun. Hasilnya sampai detik ini, batu yang diperkirakan mempunyai berat 20 ton itu masih berada di tempatnya. Pada 5 Februari lalu Pemkab setempat mengeluarkan perturan pengambilan batu alam. Warga di Nagan Raya pun tidak diizinkan mengambil batu. Aturan ini berlaku hingga 8 Maret 2015 mendatang. Aturan ini dikeluarkan sebagai pencegah kerusakan lingkungan.

Apabila sudah digosok dan sudah jadi, batu giok Aceh akan bernilai tinggi. Harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah, bahkan hingga miliaran. Maka tidak heran kalau ada orang yang rela datang dengan membawa senjata tajam demi batu berukuran besar tersebut seperti yang ditemukan di Gampong Krueng Isep, Kecamatan Beutong, Nagan Raya itu.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok