Memex Mesin Pencarian Paling Canggih Ketimbang Google

Memex Mesin Pencarian Paling Canggih Ketimbang Google

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah mesin pencarian internet terbaru yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon, yang diberinama memex disinyalir lebih canggih dari Google. Memex sendiri adalah singkatan dari memory index. Pembuatan memex bertujuan untuk melacak informasi di internet yang tidak bisa di jangkau oleh mesin pencari seperti Google.

Mesin tersebut mampu mencari sampai 95 persen situs yang ada di internet, salah satunya situs rahasia yang memiliki konten terlarang , seperti kekerasan, pornografi anak, dan perdagangan barang terlarang. Biasanya situs semacam itu dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan agar tidak gampang dilacak. Seperti bandar narkoba dan perdagangan manusia. Untuk itu hukum perlu dimudahkan untuk mengaksesnya.

Mesin pencarian memex menggunakan gabungan memori dan indeks sebagai basis pencariannya. Sehingga diyakini mampu menampilkan hampir semua situs yang ada di internet. Sekarang memex sudah mulai dipakai oleh sejumlah penegak hukum, yakni kepolisisn sampai kantor pengacara. Salah satunya Cyrus R. Vance, pengacara asal Manhattan, mengakui kantornya kini sudah menggunakan memex untuk mencari berbagai macam kasus yang sulit di lacak, contohnya peredaran narkoba dan perdagangan manusia.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok