Anggrek – Anggrek Yang Mirip Binatang

0018

HarianDepok.com – Berita Unik – Jika anda menyukai anggrek dan juga menyukai binatang yang lucu, maka anda akan menyukai artikel ini, karena disini diketengahkan anggrek-anggrek yang mirip dengan binatang

Anggrek Monyet (Dracula simia)

Anggrek monyet adalah salah satu jenis anggrek yang bunganya mirip dengan wajah monyet. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Dracula simia yang dinamai oleh seorang ahli botani Luer pada tahun 1978. Anggrek langka ini hanya tumbuh di hutan awan tenggara Ekuador dan Peru pada ketinggian 1.000-2.000 meter di lereng pegunungan. Nama ilmiah, “simia” mengacu pada wajah monyet dan “Dracula” mengacu pada dua taji panjang yang menggantung ke bawah, hampir seperti taring. Yang membuat bunga ini lebih keren lagi adalah bahwa baunya seperti jeruk matang ketika sepenuhnya mengembang. Luar biasa!

Anggrek Lebah (Ophrys apifera)

Anggrek yang luar biasa ini disebut Bee Orchid atau Anggrek Lebah (Ophrys apifera). Ia menyerupai tawon betina yang mengunjungi bunga merah muda untuk menarik perhatian lebah jantan. Lebah jantan yang berpikir bahwa ini adalah betina jenis mereka, segera mencoba untuk kawin dengannya (pseudokopulasi). Dalam proses ini lebah jantan akan terlumuri oleh tepung sari anggrek yang akhirnya menyebar saat mereka terbang dan melakukan penyerbukan bunga lainnya. Anda dapat menemukan anggrek menakjubkan ini berserakan Inggris, Irlandia, dan Wales.

Anggrek Kepala Burung (Phalaenopsis sp.)


Pink Moth Orchid (Phalaenopsis sp.) benar-benar cantik dan luar biasa keren karena anggrek ini tampak seperti memiliki kepala burung kecil yang menjaga nektar pada bunga. Ini sangat well-formed sehingga hampir terlihat seperti anak burung kecil jatuh ke bunga dan terjebak di sana. AMJG tidak tahu pasti mengapa anggrek terlihat seperti ini, tapi ini memang anggrek kecil yang lucu.

Anggrek Holy Spirit (Peristeria elata)

Mirip dengan anggrek Pink Moth diatas, ini adalah anggrek Roh Kudus atau Holy Spirit Orchid (Peristeria elata) yang juga memiliki makhluk kecil yang tersembunyi di dalamnya, meskipun bukan hanya kepala, tapi seluruh burung! Seekor merpati tepatnya, yang membuat bunga ini memberi kesan damai, bukankah begitu?

Anggrek Bangau Putih (Pecteilies radiata)

Anggrek yang elegan ini disebut White Egret Orchid (Habenaria radiata) karena terlihat seperti sebuah … White Egret (burung bangau putih)! Bunga tampak seperti burung yang mengembangkan bulu putih lembutnya, bersiap-siap untuk lepas landas. Lihatlah, betapa miripnya bunga-bunga ini dengan burung putih.

Flying Duck Orchid (Caleana major)

Anggrek Bebek Terbang atau Flying Duck Orchid (Caleana major)adalah anggrek kecil, sekitar 50 cm, yang tumbuh di Australia timur dan selatan. Ini adalah bunga yang tampak seperti bebek jantan yang sedang terbang! Penyerbukan anggrek ini juga dilakukan dengan cara pseudokopulasi oleh lalat gergaji (sawfly)

Anggrek Naked Man (Orchis italica dan Orchis simia)

Memang nama Anggrek ini terlalu vulgar, tapi itu tidak benar-benar menyesatkan. Anggrek ini mungkin akan mengetuk hati anda untuk memberikannya pakaian … hehehe. Tapi tampaknya anggrek ini lebih tepat disebut anggrek Alien, karena mirip alien meskipun ini adalah alien yang sangat kecil, jadi tidak perlu khawatir dengan invasinya …:)  Anggrek ini umumnya ditemukan di Mediterania

Anggrek Lalat (Ophrys insectifera)

Anggrek ini tidak hanya terlihat seperti lalat, tapi mereka benar-benar membutuhkan lalat. Anggrek ini menghasilkan feromon yang mirip dengan lalat betina sehingga lalat jantan akan tertarik kepadanya dan akan membawa serbuk sari ke bunga lain saat lalat tersebut terbang ke bunga lain dan juga saat lalat jantan kawin dengan lalat betina. Ya, anggrek ini memang bersedia menjadi pihak ketiga dalam hubungan lalat! …. hehehe. Anggrek Lalat adalah endemik di tanah yang kaya Alkaline di Eropa.

 

 

[Irma wulandari/HD]

author

Author: 

Publisher & Content Writer