Cita – cita Alex Komang Sebelum Meninggal Dunia

Cita - cita Alex Komang Sebelum Meninggal Dunia

HarianDepok.com – Entertaiment – Selebritis , Tasiul Mina teman kecil almarhum Alex Komang Saat di Jepara bercerita, sebelum meninggal beliau menyampaikan bahwa dirinya ingin segera sembuh dan kembali bermain film.  “Alex juga ingin menggagas festival Kartini di Jepara pada Desember Nanti.” Ucap Tasiul, Jumat malam (13/2/2015). Festival yang dimaksudkan untuk memperingati hari lahir Kartini tersebut akan diisi sejumlah acara diantaranya yakni, pameran, parade kesenian tradisional Jepara, bazar dan lainnya. “Tujuannya agar kegiatan kebudayaan di Jepara lebih hidup” tegasnya.

Pada Jumat (13/2/2015) Tuhan berkehendak lain, setelah dua hari dirawat di Rumah Sakit dr Kariadi Semarang, Alex menghembuskan nafas terakhirnya. Beiau meninggal karena mengidap kanker hati yang dideritanya sejak Desember lalu. Sebelumnya Alex sempat dirawat di RS Sejahtera Salatiga selama 10 hari. Mendiang Alex dikenal oleh seniman asal kampung halamannya sebagai seorang santri. Alex Komang sebenarnya hanya sebuah nama pena, nama aslinya adalah Saifin Nuha. Namun nama itulah yang tenar ketika iia bergelut di dunia seni peran.

Saat ia aktif di Teater Populer, ia dioertemukan dengan sutradara senior Teguh Karya. Film Secangkir Kopi Pahit, dan Doea Tanda Mata adalah karya hasil kolaborasi mereka. Dan sejumlah judul film populer lain yang sempat beliau bintangi yakni, Ca Bau Kan (2002), Laskar Pelangi (2008), Darah Garuda (2010), Surat Kecil Untuk Tuhan (2011), 9 Summers 10 Autumns (2013), Sebelum Pagi Terulang Kembali (2014), dan Gunung Emas Almayer (2014). Sebelumnya Alex Komang meraih penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 1987 berkat Konsistensi dan Totalitas dalam berkarya di dunia seni peran. Dan dia pun diangkat menjadi Ketua Badan Perfilman Indonesia 2014-2017.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok