Survei Bank Indonesia, Harga Hunian Meningkat Pada Kuartal IV 2014

Survei Bank Indonesia, Harga Hunian Meningkat Pada Kuartal IV 2014

HarianDepok.com- Properti – Survei harga properti residensial yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) pada kuartal IV di tahun 2014 kemarin mengalami peningkatan pertumbuhan harga properti resisdensial pada pasar primer.

Kondisi tersebut dapat kita lihat melalui indeks harga properti resdidensial di kuartal IV 2014 yang naik sebesar 1,54 persen. Ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan di kuartal sebelumnya yakni 1,46 persen.

“peningkatan pertumbuhan harga terjadi pada semua jenis dan tipe rumah, terlebih untuk rumah yang memiliki tipe besar”. di kutip dar situs resmi Bank Indonesia, Sabtu (14/ 2/ 2015).

Pada laporan itu djelaskan bahwa pada kuartal I di tahun 2015 ini, hasil surveinya menunjukan ada kemungkinan harga properti residansial akan naik sebesar0,89 persen. Ini lebih rendah apabila dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal ke IV tahun 2014 kemarin.

Kendati demikian pertumbuhan harga akan meningkat, jumlah dari penjualan properti residensial masih memperlihatkan prospek kinerja yang positif. Volume penjualan pada triwulan  IV tahun 2014 kemarin tumbuh sebanyak 40,07 persen. Angka ini naik secara signifikan dari 33,69 pada kuartal sebelumnya.

Perkembangan ini sejalan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap perumahan serta prospek yang baik terhadap pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR).

Hasil survei tersebut juga memperlihatkan bahwa pembiayaan pemangunan properti residence terlebih yang bersumber dari dana internal pengembang. Sebagian besar dari para pengembang menggunakan dananya sendiri sebagai sumber pembiayaan usahanya.

Sementara itu untuk sumber pembiayaan bagi para konsumen yang mau membeli properti masih didominasi oleh pembiayaan dari bank. Kurang lebih sebanyak 72,20 persen responden masih menggunakan dan memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai fasilitas untuk pembiayaan bagi pembeli properti residensial, terlebih untuk rumah dengan tipe kecil. Rumah ini sangat diminati oleh para konsumen, selain karena harganya lebih murah, rumah dengan tipe kecil biasanya disukai oleh para karyawan yang bekerja di kota- kota besar dan jauh dari rumah.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: