Gempa Berkekuatan 5,9 Mengguncang Tenggara Taiwan Dini Hari

Gempa Berkekuatan 5,9 Mengguncang Tenggara Taiwan Dini Hari

HarianDepok.com – Berita – Internasional – Taiwan, Pada pukul 04.06 pagi tadi, taiwan kembali digoyang dengan gempa bumi yang memiliki kekuatan 5,9 skala richer yang terjadi di tenggara taiwan tepatnya di lepas pantai. Yang berada di dekat kota taitung. Sebelumnya badab survei geologi amerika serikat  melaporkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan 6,3 SR yang berpusat pada 22,5 kilometer sebelah timur dari kota taitung. Pernyataan ini sebagaimana diutarakan dalam reuters sabtu pagi ini (14/02/2015). Gempa ini sempat membuat kepanikan para warga setempat khususnya yang berada diwilayah tenggara taiwan. Gempa ini telah diinformasikan bahwa termasuk sangat dangkal yang memiliki kedalaman 25 kilometer.

Sehingga hal ini membuat kekawatiran para warga. Jika gempa ini terus berlanjut maka akan dimungkinkan akan terjadi kerusakan yang besar, mengingat kekuatan gempa yang sangat besar. Akan tetapi sampai dini hari belum ada laporan yang serius terkait dengan gempa yang terjadi. Tidak ada korban ataupun kerusakan dari terjadinya gempa tersebut. Gempa memang sering terjadi di negara taiwan, di tahun 2013 yang llau tepatnya bulan juni. Terjadi gempa yang memiliki kekuatan 6,3 Richer yang terjadi pada minggu siang. Dari gempa yang terjadi tersebut mengakibatkan empat orang tewas termasuk salah seorang pendaki gunung yang tertimpa bebatuan, di gunung Ali. Kejadian tersebut membuat warga merasa cemas dengan gempa yang terjadi tadi pagi.

Sementara itu pada tahun 1999 tepatnya pada 21 september taiwan juga diguncang gempa yang memiliki kekuatan 7,6 SR. Gempa yang dasyat ini menewaskan banyak korban dengan jumlah 2,400 orang. Kekuatan yang sangat luar biasa tersebut banyak mengakibatkan orang tewas dan juga terjadi kerusakan yang sangat besar. Oleh sebab itu, untuk gempa kali ini warga harus tetap siaga yang dikawatirkan ada gampa susulan yang tidak bisa diperkirakan kekuatannya. Gempa yang terjadi kali ini terbilang memiliki kekuatan yang kecil jika dibandingkan dengan gampa- gempa yang sebelumnya, namun hal ini tidak mengurangi kesiaganan para warga untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: