Kota Depok Endemis Demam Berdarah

Kota Depok Endemis Demam Berdarah

HarianDepok.com – Berita, Hujan tahunan yang selalu mengguyur kawasan wilayah Jabodetabek akhir-akhir ini, banyak menimbulkan masalah-masalah yang tak pernah ada habisnya. Mulai dari permasalahan banjir, rusaknya jalan akibat genangan dan timbulnya berbagai penyakit.

Demam Berdarah Dengue (DBD), salah satu penyakit yang timbul akibat adanya genangan, banjir ini selalu menghantui masyarakat ketika musim penghujan tiba. Tak terkecuali kota Depok yang menjadi sasaran virus DBD.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Depok, Jawa Barat, Lies N Karmawati mengakui, di wilayahnya memang endemis penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini diakibatkan karena kebanyakan warganya masih belum banyak yang peduli terhadap sarang nyamuk pembawa virus tersebut.

Lies mengungkapkan, bahwa di kota Depok untuk angka kasus penyakit DBD bulan lalu lebih kecil dibanding tahun kemarin. Untuk tahun ini baru terdapat 30 kasus DBD, angka tersebut jauh berkurang dari tahun lalu sebanyak 66 kasus. Bahkan di tahun 2013 angka kasus DBD lebih besar lagi sebanyak 153. Grafiknya terus menurun dari tahun ke tahun, jelasnya kepada wartawan (12/02/2015).

Lies selaku Kepala Dinas kesehatan kota Depok menghimbau kepada warga, agar selalu menjaga kebersihan tempat tempat penampungan air, membuang barang barang bekas yang sudah tidak terpakai dan melakukan gerakan 3M yaitu, menutup, Menguras dan Mengubur.

Ia bersama kader kader Posyandu dan Puskesmas yang ada di kota Depok akan selalu melakukan pemantauan serta pencegahan secara berkala. Lies pun juga telah mensiagakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Di rumah sakit tersebut, para penderita DBD akan dirawat secara gratis, jelas Lies.

[Izl/NurMungil/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: