Siswa Di Kota Depok Dilarang Merayakan Valentine

Siswa Di Kota Depok Dilarang Merayakan Valentine

HarianDepok.com – Berita , Pelajar di kota Depok dilarang merayakan Hari Valentine oleh Dinas Pendidikan Kota Depok, yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Herry Pansila, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok mengungkapkan akan memberi sanksi kepada kepala sekolah yang membiarkan siswanya merayakan hari kasih sayang tersebut. “untuk kepala sekolah negeri, diberikan sanksi kepegawaian,” ucap Herry ketika dihubungi Tempo, Jumat (13/2/2015). Izin kepemimpinan kepala sekolah swasta akan diberikan sanksi apabila ia melanggar larangan tersebut, lanjut Herry. “Orang tua juga harus ikut berperan untuk mencegah perilaku negatif remaja sekarang,” ujar Herry.

Surat edaran yang telah di tanda tangani Herry dengan nomor 425/789-Set.Umum itu diberikan kepada semua kepala sekolah di semua tingkat, dari sekolah dasar himgga sekolah menengah atas, di Depok. Isinya memuat tiga hal pokok, yakni siswa dilarang merayakan Valentine di sekolah, meminta orang tua mengawasi anaknya masing-masing, dan meminta siswa agar berkegiatan sesuai dengan nilai budaya Indonesia. “Jangan sampai anak-anak muda kita terjerumus ke dalam kegiatan negatif,” tegas Herry.

Dan Majelis Ulama Indonesia sudah mengeluarkan pernyataan mengharamkan perayaan Hari Valentine. Tutty Alawiyah, Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Perempuan Keluarga dan Perlindungan Anak menjelaskan, di Indonesia perayaan tersebut cenderung ke arah negatif. “Di supermarket atau minimarket ketika hari Valentine menjual Banyak cokelat yang diselipi kondom,” ucapnya ketika dihubungi, Kamis (11/2/2015).

Menurut Tutty, perayaan Valentine berpotensi merusak moral remaja. Tutty khawatir selipan kondom tersebut akan mendorong remaja melakukan hubungan terlarang. Tutty menegaskan, hari Valentine, yang berasal dari budaya Barat, tidak sesuai dengan budaya warga Indonesia. Yang mayoritas beragama Islam. Perayaan yang biasanya dilakukan dengan bertukar kado tersebut cenderung mengarah ke hal negatif. “Tujuannya mungkin saja negatif. yang akan berujung dengan ciuman dan hal yang tidak di inginkan lainnya,” ucapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok