Kebakaran Hutan Dan Lahan Semakain Meluas di Kabupaten Bengkalis

Kebakaran Hutan Dan Lahan Semakain Meluas di Kabupaten Bengkalis

HarianDepok.com – Berita – Nasional – Pekanbaru , Sejauh ini kebakaran yang terjadi di hutan serta lahan yang ada di kabupaten bengkalis terus saja meluas. 50 hektar lahan teah terbakar hangus oleh sang jago merah. Untuk mengatasi terjadinya kebakaran ini ada sebanyak 215 petugas diturunkan ke lokasi guna memadamkan kebakaran dan tidak meluas. Kebakaran yang terjadi sangatlah luas. Hutan dan lahan yang terbakar ini tepatnya berada di desa buruk bakul kecamatan bukit batu kabupaten bengkalis. Petugas terus melakukan pemadaman terhadap lahan yang terbakar, yang kini sudah dapat dipadamkan beberapa hektar, hal ini dinyatakan secara langsung pleh guntur aryo tedjo selaku kepala bidang humas polda yang ada di riau AKBP kemarin (12/02/2015).

Untuk mengatasi hal ini dari pihak kepolisian sudah mengirimkan 80 personel dan dibantu oleh ratusan petugas kebakaran serta beberapa perusahaan BPBD dan juga TNI. Sementara ada puluhan relawan dari MPA (Masyarakat Pecinta Alam) yang turut membantu memadamkan kebakaran. Dalam mengatasi kebakaran yang kini terjadi digunakan berbagai alat sebagai pemadam kebakaran seperti 30 mesin pompa air dan 4 mobil kebakaran, jelas guntur. Para petugas berharap ada hujan turun, sebab luasnya lahan terbakar ini membuat para petugas merasa sangat kewalahan untuk memadamkan api yang ada sementara api terus meluas. Dan untuk menggunakan bom air sebagau solusi yang paling efektif pemerintahan bengkali sangat sulit mendapatkan sumber air yang ada.

Untuk pemilik lahan masih diselidiki oleh para petugas, hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang jelas penyebab dari kebakaran tersebut, karena adanya faktor alam atu dibakar dengan sengaja.  Hutan yang terbakar hingga 50 hektar ini memang jauh dari pemukiman. Sementara itu api juga berasal dari kabupaten indragiri hilir dan juga pelalawan. Hal ini membuat api semakin meluas yang didukung dengan adanya angin yang cukup kencang. Saleh selaku bupati kabupaten bengkalis ini sebelumnya telah memberikan informasi bahwa daerah berjuluk ini dalam keadaan siaga darurat lantaran adanya kebakaran hutan yang sangat luas.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: