Bank Mandiri Meminta Deviden Dikurangi Karena PMN Ditolak

Bank Mandiri Meminta Deviden Dikurangi Karena PMN Ditolak

HarianDepok.com- Bisnis – PT Bank Mandiri Tbk akan segera meminta rasio pembagian dividen apabila usulanya mengenai penyertaan modal negara perseroan tidak mendapatkan restu dari DPR. Pengurangan dividen ini memiliki tujuan supaya perusahaan dapat memiliki tambahan modal untuk melakukan ekspansi.

“Untuk Bank Mandiri mengenai PMN itu diberikan atau tidak, kami memiliki rencana lain untuk mencarai tambahan modalnya. Seperti dengan mengurangi dari payout ratio dividen”, ungkap Budi Gunadi Sadikin selalaku Direktur Utama Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (11/ 2/ 2015).

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa pengurangan dividen sebanyak 10 persen sudah labih dari cukup untuk memeroleh modal. Hal ini mengingat dividen yang diberikan oleh Bank Mandiri sebanyak Rp 20 triliun/ tahun.

Hitung- hitunganya apabila  dividen dikurangi hingga 10 persen, perusahaan akan dapat memiliki tambahan modal sebanyak Rp 2 triliun. Sedangkan apabila dikurangi 20 persen dalam jangka waktu 2 tahun saja maka perusahaan akan meraup dana kurang lebih Rp 8 triliun. Hal ini dinilai sangat cukup untuk melakukan ekpansi, mengingat perusahaan memiliki rencana malakukan penerbitan right issue (saham baru) guna menambah modal Rp 9 triliun.

Sebagaimana kita ketahui berasama, hasil rapat pada Komisi VI DPR bersama dengan Kementrian Badan Usaha Milik Negara telah memutuskan untuk tidak memberikan PMN kepada perseroan BUMN yang diusulkan yang salah satunya adalah PT Bank Mandiri Tbk. Komisi VI DPR menilai PT Bank Mandiri Tbk belum dirasa perlu mendapatkan PMN di tahun yang meminta sebesar Rp 5,6 triliun.

Kendati demikian menurut budi, secara umum penolakan mengenai PMN tersebut tidak akan memiliki imbas yang besar terhadap kenirja serta rencana bisnis dari Bank Mandiri. Namun apabila PNM tersebut disetujui, bank Mandiri memiliki peluang untuk meningkatkan kreditnya diatas 17 persen. Karena pada tahun 2015 ini Bank Mandiri memiliki target pertumbuhan kredit PT Bank Mandiri Tbk sebesar 15 hingga 17 persen. Ia juga mengaku tidak masalah untuk kembali mengajukan PNM pada tahun depan.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: