Banjir Mengakibatkan Mall Mendapat Kerugian 12 Miliar per Hari

Banjir Mengakibatkan Mal Mendapat Kerugian 12 Miliar per Hari

HarianDepok.com – Berita – Nasional – Jakarta , Ellen Hidayat, selaku ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), DKI Jakarta mengatakan, jika pusat perbelanjaan harus tutup akibat tergenang banjir, maka pusat perbelanjaan itu memiliki potensi kerugian sekitar Rp 12 miliar tiap harinya. Banjir yang melanda di sejumlah titik di ibukota, memberikan dampak serius pada bisnis pusat perbelanjaan modern maupun mal.

Seperti yang dikatakan Ellen di Jakarta saat di hubungi liputan6.com, Kamis (12/2/2015),“Kalau mal-nya sampai tutup karena banjir, bisa dihitung dari harga sewa rata-rata per hari. Seharusnya ada perputaran uang Rp 12 miliar per hari, kalau luas mal tersebut 80 ribu meter persegi. Jadi misalkan tutup dia itu kan oportunity lost, kehilangan kesempatan menjual, sedangkan karyawan tetep di gaji.”

Ellen menyatakan kalau selama masih terjadi banjir, jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan mengalami penurunan sampai 40 persen dibandingkan waktu normal. Walaupun belum ada laporan dari pusat perbelanjaan yang mengalami kerugian sampai sebesar itu. Ia melanjutkan, “tetapi yang pasti akibat banjir, traffic pengunjung mal turun 40 persen.”

Menurutnya, kawasan Kelapa Gading menjadi pusat perbelanjaan yang terkena dampak paling besar akibat banjir di ibukota. Namun akses jalan di kawasan itu lumpuh total akibat banjir, meski di dalam pusat perbelanjaannya tidak tergenang. “Di sana ada sejumlah mal, makannya jalurnya lumpuh total. Kalau di wilayah Jakarta selatan lebih aman. Tetapi ini bukan salah mal, karena ini kejadian darurat yang tidak bisa diprediksi,” tegasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok