Gelombang Dingin Dari Siberia Mengakibatkan Curah Hujan Tinggi Di Wilayah Jawa Bagian Barat

Gelombang Dingin Dari Siberia Mengakibatkan Curah Hujan Tinggi Di Wilayah Jawa Bagian Barat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Terjadinya hujan lebat  sejak tanggal 8 februari 2015 ini membuat wilayah jakarta tergenang banjir diberbagai titik. Adanya banjir ini ternyata di sebabkan oleh adanya gelombang yang dari seberia. Sementara itu tri handoko seto selaku ketua bidang pengkajian dan juga penerapan teknologi pembuatan hujan BPPT, menyatakan bahwa gelombang dingin yang berasal dari seberia ini bergerak ke arah barat jawa dan dengan demikian maka timbulah meteorologis yang biasa disebut dengan cold surge atau gelombang dingin.  Gelombang dingin atau cold surge ini adalah hembusan udara dingin yang keras dari seberia yang kemudian menuju wilayah jawa bagian barat. Tutur tri handoko pada senin kemaren (09/02/2015).

Gelombang dingin ini yang kemdudian bertemu dengan angin yang bertiup ketimur. Dan terjadilah konvergensi dengan membentuk awan- awan, sehingga mengakibatkan hujan yang massif. Curah huijan yang kemudian memiliki intensitas tinggi. Tri handoko juga menyebutkan bahwa curah hujan kurang lebih yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam tercatat hampir terus menerus dengan 100 mm yang ada di beberapa lokasi. Dan hal ini bukanlah hal yang mengherankan. Curah hujan yang ada di indonesia ini sempat disalahkan oleh MET Office yang mana membuat curah hujan begitu tinggi dalam waktu 248 tahun terakhir yang mengakibatkan banyak rumah tergenang banjir dinegara ingrris pada bulan februari 2014 yang lalu.

Banjir yang terjadi ditahun ini banyak melumpuhkan aktiviats warga khususnya warga indonesia. Tidak hanya itu, banyak jyga sekolah dan juga kantor diliburkan mengingat banjir yang sangat mengawatirkan. Karena banyak sekali jalur yang tidak bisa dilewati lantaran banjir yang tidak bisa dibendung menjadikan beberapa jalur harus terputus total karena genangan air yang cukup tinggi. Dan tidak hanya itu, banjir yang terjadi kali ini bahkan merendamkan wilayah yang berada di kawasan istana negara dan juga kantor Gubernur DKI. Hal ini membuat semua aktivitas terhambat dengan genangan air yang cukup tinggi. Untuk itulah saat ini jakarta sedang mengalami kelumpuhan aktivitas.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)