Fakta – Fakta Aneh Dan Unik Di Alam

001

HarianDepok.com – Berita Unik – Alam ini penuh dengan keajaiban dan misteri – dan, sesuatu yang aneh itu hanya karena kita tidak pernah/tidak biasa melihat/mengalaminya. Dan daftar ‘keanehan dan keunikan’ alam kali ini tentunya hanya sebagian dari keanehan dan keunikan yang terdapat di alam.

1. Keajaiban Tikus

Fakta Aneh: Seekor tikus kecil bisa masuk melalui lubang seukuran bolpoin

Selama bulan-bulan musim panas, tikus umumnya akan tinggal di luar dan tetap berada disana. Tapi begitu cuaca mulai mendingin, mereka mencari kehangatan rumah kita. Karena tengkorak lunak dan kemampuan menggerogotinya, lubang seukuran bolpoin (6mm – 1/4 inci) cukup besar bagi mereka untuk masuk secara massal. Begitu masuk, mereka terus-menerus akan menggerogoti hampir apapun – termasuk beton, timah, dan plastik. Hal ini untuk menjaga terus pertumbuhan gigi mereka pada panjang yang nyaman. Berlawanan dengan kepercayaan populer, tikus tidak umumnya tidak menyukai keju – tapi tetap akan memakannya pada beberapa kesempatan. Tikus bisa melompat sampai 46cm (18 inci), berenang, dan berjalanan vertikal atau terbalik. Oleh karena itu, periksa semua lubang kecil di rumah anda dengan bolpoin – Jika bolpoin bisa masuk, berarti tikus kecilpun bisa masuk.

2. Mata Persegi

Fakta Aneh: Tidak seperti makhluk pada umumnya, kambing memiliki pupil persegi panjang

Kita semua membayangkan bentuk pupil adalah bulat – karena bulat adalah tipe yang kita lihat paling sering (pada manusia) – tapi kambing (dan kebanyakan hewan berkuku lainnya) memiliki celah horizontal yang hampir persegi panjang ketika melebar. Ini memberikan kambing visi meliputi 320-340 derajat, yang berarti mereka dapat melihat hampir semua di sekitar mereka tanpa harus menggerakkan kepala (manusia memiliki visi yang mencakup 160-210 derajat). Akibatnya, hewan dengan mata segi empat bisa melihat lebih baik di malam hari karena memiliki pupil lebih besar yang dapat ditutup lebih rapat pada siang hari untuk membatasi cahaya. Menariknya, gurita juga memiliki pupil persegi panjang.

3. Rabun Kuda

Fakta Aneh: Kuda tidak bisa melihat langsung obyek tepat didepannya.

Seekor kuda memiliki visi jauh dan lebar (dan mata terbesar dari mamalia darat) – mampu melihat daerah sampai dengan 350 derajat. Kuda memiliki dua blind spot – yang pertama adalah tepat di depan mereka dan yang lainnya adalah tepat di belakang kepala mereka. Sejauh melihat rincian, kuda buta warna merah dan memiliki visi 20/33 (dibandingkan dengan penglihatan manusia sempurna adalah 20/20)

4. Mual Tikus

Fakta Aneh: Tikus tidak bisa muntah

Tikus tidak bisa muntah atau bersendawa karena dinding pembatas antara kedua perut dan ketidakmampuan mereka untuk mengontrol otot diafragma yang dibutuhkan untuk melakukannya. Baik kelinci maupun kelinci percobaan bisa muntah dengan baik. Hal ini membuat tikus rentan terhadap keracunan (oleh karenanya meracuni tikus sangat populer dalam mengendalikan populasi tikus). Karena ketidakmampuan ini, tikus akan menggigit pada makanan untuk melihat apakah makanan tersebut membuat mereka merasa sakit (mereka tidak bisa muntah, tetapi mereka dapat merasa mual) Jika mereka tidak merasa mual mereka akan memakannya.

5. Gorilla Gorilla Gorilla

Fakta Aneh: Nama ilmiah gorila adalah “Gorilla Gorilla Gorilla”

Pertama, yang harus anda ketahui: Nama ilmiah untuk suatu jenis Gorilla adalah Western Lowland Gorilla (ini adalah tipe yang kemungkinan besar anda lihat di kebun-kebun binatang – dan yang paling umum). Untuk beberapa alasan, jenis gorila-gorilla lainnya terjebak dengan nama-nama yang aneh-aneh – jika bukan Gorilla gorilla gorilla, maka adalah Gorilla gorilla diehli atau Gorilla beringei beringei atau Gorilla beringei graueri. Jenis Gorilla Bwindi (sejenis Gorilla beringei) belum diberikan nama dengan tiga kata.

6. Angsa Pembunuh

Fakta Aneh: Seekor angsa dapat mematahkan lengan seorang pria

Jika Anda memberi makan angsa yang indah dan ingin memberikan satu elusan mesra – jangan lakukan! Angsa sangat melindungi anak mereka dan akan menggunakan sayap mereka yang sangat kuat untuk menangkis anjing (dan kadang-kadang manusia). Mereka memiliki rentang sayap sekitar 2,75 meter (9 kaki). Pada tahun 2001, seorang pemuda di Irlandia kakinya patah oleh angsa ketika ia mencoba untuk mengganggunya. Tahun berikutnya ada lagi korban dengan lengan yang patah.

7. Laba Laba yang Rentan

Fakta Aneh: Jika Anda menjatuhkan tarantula, maka dia akan mati

Pertama-tama, kecuali Anda alergi terhadap racun tarantula, mereka tidak berbahaya bagi manusia (meskipun gigitannya akan sangat menyakitkan). Beberapa tarantula juga dapat menembakkan “rambut” dari kaki mereka yang dapat menembus kulit manusia dan menyebabkan ketidaknyamanan yang besar. Sekarang – kembali ke kenyataan aneh. Tarantula memiliki exoskeleton (kerangka luar) seperti lobster dan kepiting. Mereka mengganti exoskeleton mereka secara teratur – biasanya dengan berbaring di punggung mereka. (Ketika mereka mengganti kerangka luar mereka, adalah ide yang baik untuk tetap jauh dari mereka karena mereka akan menyerang disebabkan keadaan mereka yang sangat rentan saat itu.) Karena exoskeleton sangat rapuh, jika tarantula dijatuhkan meskipun dari ketinggian rendah, mereka akan hancur dan mati.

8. Rempah-Rempah yang Menakutkan

Fakta Aneh: Pala beracun

Pala adalah obat hallucinigenic yang sering digunakan untuk memperlezat rasa puding dan kue buah. Ini juga merupakan racun yang dapat membunuh Anda karena dapat menimbulkan beberapa efek samping yang berbahaya. Menelan 2 gram pala akan memberikan efek yang sama dengan mengambil amfetamin, dan akan menyebabkan mual, demam, dan sakit kepala. Menelan 7,5 gram akan menyebabkan kejang-kejang, dan makan 10 gram akan menyebabkan halusinasi. Makan seluruh pala dapat menyebabkan “psikosis pala” yang mencakup perasaan menyiksa, bingung, dan agitasi. Ada dua kasus kematian yang tercatat akibat pala (satu pada tahun 1908 dan satu pada tahun 2001).

9. Daun yang Bergerak

Fakta Aneh: Tanaman telegraf mampu bergerak relatif cepat – tanpa memerlukan angin

Tanaman Telegraph adalah tanaman tropis yang biasanya ditemukan di Asia – tetapi juga di Pasifik Selatan. Tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk mengguncang daun (yang berputar pada sumbu mereka dan bergerak keatas dan bawah). Ada beberapa tanaman dengan kemampuan gerak cepat (seperti jebakan lalat Venus) namun tanaman ini adalah yang paling aneh dan paling dikenal. Perlu dicatat bahwa ketika kita mengacu pada kata “cepat” dalam kaitannya dengan tanaman – tidak super cepat – tetapi sudah pasti terlihat dengan mata telanjang.

10. Burning Issue

Fakta Aneh: kumbang Bombardier menembakkan cairan mendidih sebagai mekanisme pertahanan

Kumbang pengebom yang sangat kompleks memiliki kemampuan luar biasa dan unik: ketika terancam mereka menembakkan bahan kimia panas mendidih dari perutnya hingga sebanyak 70 kali dengan cepat. Cairan tersebut adalah kombinasi dari hidrogen peroksida dan hydroquinones yang bergabung bersama di dalam kumbang menyebabkan reaksi kimia. Cairan tersebut berakibat fatal terhadap serangga kecil dan makhluk kecil lainnya dan bisa sangat menyakitkan bagi manusia.

 

 

[Irma wulandari/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer