Yamaha NMAX, Skutik Tahan Banjir

Yamaha NMAX, Skutik Tahan Banjir

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , Yamaha NMAX adalah kendaraan berlabel “Perkotaan” yang siap melaju di berbagai kondisi. Sangat Pas untuk dipakai di Jakarta yang mempunyai beragam situasi jalaan, mulai dari mulus, lubang, hingga banyak genangan. Skuter bongsor 155cc ini juga dinyatakan tahan banjir.

Di sela-sela peluncuran Yamaha NMAX di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/2/2015). M Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Manufacturing mengatakan bahwa skutik bergaya Eropa tersebut mempunyai struktur lubang udara yang siap menghadapi genangan. “Filternya kedap udara, hanya bisa mengambil udara dari filter, bukan dari lubang lain” jelas Abidin yang ditemani Takehiko Gotanda, Engine Project Chief NMAX Yamaha Motor Co.Ltd.

Karena posisi filter NMAX di sekitar boks CVT yang cukup rendah dan kekhawatiran soal filter udara pun muncul. Dengan penegasan tersebut, Yamaha memastikan keamanan melaju dan melihat tinggi genangannya tidak melebihi 50 cm. Duck tail atau lubang udara yang terhubung dengan CVT dibuat khusus menghadap ke atas dengan tinggi sekitar 70 cm, yang pada umumnya komponen ini menghadap kebawah. Gotanda menambahkan.

“mesti di ingat, ini belum ada pengetesan langsung. Akan tetapi secara teori dan di atas kertas, NMAX dapat melewati genangan air dengan ketinggian tertentu,” jelas Abidin. Ridwan Arifin , Staff Service Education Yamaha Indonesia menambahkan, yang terpenting ketika melewati genangan adalah menahan gas dan mempertahankan rpm mesin. Jikalau tidak, air akan tersedot masuk keruang pembakaran.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok