Dikawasan TNKS Tidak Lagi Ditemukan Jejak Badak Sumatera

Badak Sumatera

HarianDepok.com – Berita – Nasional – Bengkulu , Di kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) tidak lagi ditemukan hewan endemik yaitu badak sumatera. Keberadaan badak ini sudah tidak lagi bisa dilacak, dan dimungkinkan ini telah menghilang dari kawasan tersebut. Sementara itu beberapa hari yang lalu dari pihak yayasan genesis mencoba untuk menginvestiigasinya. Sementara salah seorang dari NGO yang merupakan peduli terhadap kelestarian satwa menyatakan bahwa latin dicerorhinus sumatensis ini sudah tidak lagi teridentifikasi. Pihak dari ketua yayasan genesis, berlian menyatakan bahwa pengamatan serta wawancara juga dilakukan terhadap pemburu yang ada, dan mereka mengatakan bahwa badak tidak lagi ditemuka di kawasan TNKS. Ujar berlian saat ditemui di bengkulu senin kemaren (09/02/2015).

Saat berlian mewawancari pemburu, mereka juga menyatakan bahwa lima tahun yang lalu badak amsih terlihat di kawasan TNKS. Dan saat ini tidak lagi dijumpai oleh mereka. Para petugas dari yayasam genesis ini melakukan investigasi terhadap kubangan, tempat tinggal da juga jejak dari badak tersebut, namun alhassil tidak ditemukan. TNKS ini memiliki luas 30% dari seluruh kawasan, yang mana sisany adalah sudah amsuk kewilayahan provinsi jambi dan juga sumatera barat. Sehingga ketika melakukan investigasi maka akan sangat mudah. Masyarakat pinggiran juga menyatakan hal yang sama bahwa saat ini tidak pernah menemui badal di TNKS.

Keberadaan badak memang sejauh ini ditelusuri tidak ada. Bahkan jejaknya pun tidak teridentifikasi. Hal ini menjadi pertanyaan besar, kemana badak tersebut menghilang. Ada banyak kemungkinan yang terjadi dengan badak sumatera ini. Namun  sementara ini para petugas masih mencari informasi terkait dengan keberadaan badak sumatera, mekipun masyarakat pinggiran juga menyatakan bahwa mereka tidak pernah melihat batang hidung si badak. Sehingga hal ini juga membuat para petugas merasa kewalahan saat mencari jejak kubangan tersebut. Petugas  ingin memastikan keberdaan si badak ini, karena badak merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Dan dilarang untuk melakukan penjualan ataupun penangkapan.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)