Hujan Lebat, Perumahan Pesona Depok Ditimpa Longsor

Perumahan Pesona Depok Ditimpa Longsor

Perumahan Pesona Depok Ditimpa Longsor (foto : okezone)

HarianDepok.com – Berita – Pancoran Mas , Telah terjadi musibah tanah longsor di Perumahan Pesona, Depok. Tebing dengan ketinggian 20 meter, ambrol seketika akibat diguyur hujan terus menerus. Musibah tanah longsor ini diperkirakan terjadi pada Senin (09/02/2015) pukul 12.40 WIB siang hari.

Tebing yang berlokasi di RT 001/022 Perumahan Pesona, Depok ini, mengakibatkan halaman rumah milik Isron di Blok N1 tertimbun longsoran tebing. Separuh rumah pemukiman STM Mandiri Jalan Kampung Mangga, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok yang ada diatasnya pun ikut ambrol bersama pagar pembatasnya.

Ketua LPM Pancoranmas, H Endang menjelaskan. Awal kejadian pada saat itu, bermula saat hujan deras yang turun terus menerus pada siang hari, hal itu membuat tidak stabilnya struktur tanah di tebing tersebut. Tak lama berselang, terdengar suara gemuruh hebat. Dalam sekejapan mata, rumah pada bagian dapur milik pak Jarot pun tertimbun.

Dugaan sementara terjadinya musibah tanah longsor itu disebabkan oleh, retaknya saluran drainase pada tebing dan hujan deras yang mengguyur terus menerus di kawasan tersebut. Akibat dari musibah tersebut membuat satu keluarga harus rela mengungsi ke rumah saudara terdekat.

Satuan Tugas (Satgas) Banjir ketika tiba dilokasi kejadian, langsung bekerja membersihkan tumpukan tanah dan bebatuan dengan alat seadanya sambil menunggu alat berat tiba.

Sugiono, Lurah Depok ketika ditanya media dilokasi kejadian mengenai hal tersebut mengatakan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi instansi terkait untuk dapat segera menanggulangi musibah tanah longsor tersebut.

“Alat alat berat akan segera datang, untuk membersihkan sisa sisa longsoran yang ada serta melandaikan tebing agar tidak terlalu curam”, tegasnya.

Pihaknya akan segera menturap kembali agar tak terjadi hal serupa nantinya.
Biaya untuk perbaikan pada musibah longsor tersebut, ia mengaku, akan menggunakan dana darurat bencana daerahnya. Ia juga menghimbau kepada seluruh warga yang berada di wilayah tersebut, agar mengosongkan rumah masing masing, sampai perbaikan selesai.

Tidak ada korban jiwa pada musibah tersebut. Kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: