Waspadai Mesin Mati Mendadak dan Rem Blong Akibat Genangan Banjir

Waspadai Mesin Mati Mendadak dan Rem Blong Akibat Genangan Banjir

HarianDepok.com – Otomotif , Hujan yang turun terus menerus selama beberapa hari ini, mengakibatkan beberapa ruas jalan di Jabodetabek tergenang, banjir. Hal tersebut membuat para pengguna jalan harus waspada dalam mengendarai kendaraannya terutama jika melewati ruas ruas jalan yang tergenang, banjir.

Kondisi tersebut bisa mengakibatkan malfungsinya rem dan mesin pada kendaraan. Komponen komponen tersebut sering kali terendam apabila melintasi genangan, banjir.

Kotoran yang masuk dan menempel pada komponen komponen tersebut berdampak turunnya performa pacu mesin dan membuat tidak stabilnya kinerja sistem pengereman pada kendaraan yang bisa mengakibatkan rem blong dan matinya mesin secara mendadak.

Untuk mengantisipasi kedua hal tersebut, baiknya anda melakukan pengecekan setelah melewati genangan atau banjir.

Lakukan pengecekan kinerja rem secara periodik, dengan cara memberikan tekanan tekanan ringan sampai kinerja rem normal kembali.

Apabila mesin mati secara mendadak, pengecekan bisa dilakukan dengan cara membuka beberapa komponen pada dapur pacu kendaraan, seperti karburator dan busi. Bisa jadi, komponen komponen tersebut mengalami kebasahan atau masuknya kotoran, sehingga mengakibatkan kinerja mesin tersendat sendat atau mati secara mendadak.

Lakukan pengeringan pada karburator dengan cara, kuras semua isi pada karburator. Untuk komponen pengapian, lepaskan busi dan keringkan dengan lap kering. Jika hal tersebut sudah dilakukan, disarankan jangan dulu menghidupkan mesin. Biarkan dulu beberapa saat, setelah itu baru hidupkan mesin kembali.

Hal hal diatas dapat dilakukan sebagai antisipasi dini dalam menghadapi genangan genangan, banjir yang saat ini menghiasi ruas ruas jalan di Jabodetabek.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: