Walikota Depok Siap Hapus PBB dan BPHTB kota Depok

Walikota Depok Siap Hapus PBB dan BPHTB kota Depok

HarianDepok.com – Berita, Pemerintah pusat yang saat ini sedang mengkaji penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang akan diberlakukan pada tahun depan. Membuat beberapa kota kota mempersiapkan segala sesuatunya terkait putusan pemerintah pusat.

Depok, salah satu kota yang saat ini tengah menyiapkan segala sesuatunya guna mengikuti aturan pemerintah pusat untuk menghapus PBB dan BPHTB di wilayahnya.

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengaku, telah siap untuk mengikuti aturan yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat perihal dihapusnya pajak PBB dan BPHTB. Hal ini dikemukakannya langsung kepada media.

Menurutnya, aturan yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat ini sangat baik, tetapi hal tersebut juga harus memperhatikan dan mengkaji lebih dalam lagi, terkait beberapa dampak yang timbul di kota kota daerah termasuk kota Depok, akibat penghapusan pajak tersebut.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota depok, hampir 40 persen atau setara dengan Rp.2 triliun disumbangkan dari pajak PBB dan BPHTB, hingga kini pajak pajak tersebut telah memenuhi kecukupan Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015. Jika kedua hal tersebut dihapuskan, maka akan berdampak pula pada PAD yang akan masuk ke pemerintah pusat, jelasnya.

Penghapusan PBB dan BPHTB oleh pemerintah pusat akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari tempat tempat ibadah, rumah sakit dan rumah tinggal denganbluas dibawah 200 meter persegi. Sedangkan untuk bangunan yang sifatnya komersil seperti, hotel, restoran dan tempat hiburan akan tetap dikenakan pajak PBB dan BPHTB.

Jika memang hal tersebut diberlakukan semata mata demi kepentingan rakyat kecil yang kurang mampu, maka pihaknya akan mendukung hal tersebut, ujarnya.

[Izl/MuhammadKhotib/HD]

Tags: