Jakarta Belum Darurat Banjir, Meski Sebagian Wilayah Sudah Terendam Banjir

Jakarta Belum Darurat Banjir, Meski Sebagian Wilayah Sudah Terendam Banjir

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Akibat hujan sejak Minggu malam hingga siang ini, Senin (9/2/2015) hujan masih terus mengguyur DKI Jakarta. Sudah hampir seluruh wilayah ibu kota terendam banjir, Namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) DKI Jakarta belum menyatakan status Jakarta darurat banjir.

Seperti yang dikatakan Kepala BPBD DKI Jakarta, Denny Wahyudi, Senin (9/2/2015), “Siaga memang  harus dari awal. Saiga juga ada siaga 4 hingga 1. Untuk sementara belum dapat dinyatakan darurat banjir, karena jika dikatakan darurat apabila 9 pintu air dari 12 pintu air yang ada sudah berada dititk 1.”

Siaga 1 disebabkan karena hujan lokal cenderung lebat dan adanya aliran air datang dari DAS ( Daerah Aliran Sungai) Krukut. Denny lebih menyarankan untuk antisipasi warga, Karena kini pintu air (PA) karet sudah berada di siaga 1 atau berada di ketinggian 630 sentimeter. “Sementara untuk Jakarta Utara dan sebagian Jakrta Barat harus tetap siaga PA Pasar Ikan sudah siaga 2 (202 cm). Air meluap biasanya akibat pasang air laut (rob). Semoga air rob bisa surut, biasanya jam 1 siang. Karena ada hujan lokal yang deras maka air yang seharusnya mengalir ke laut tertahan karena air sungai juga tinggi.” Jelasnya.

Menurut laporan yang diterima dari Pusat Pengendali Operasi BPBD DKI Jakarta, ada kenaikan PA Karet dari pukul 09.00 WIB yang berada di siaga 3 (490 cm) sampai pukul 12.00 WIB siaga 1 (630 cm). Antisipasi wilayah yang terdampak yakni Jakarta Pusat,

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok