Papua Meminta Kepada Freeport 10% Dari Sahamnya

Papua Meminta Kepada Freeport 10 persen Dari Sahamnya

HarianDepok.com- Bisnis- Pemerintah Papua (Pemprov) meminta bagian dari saham PT Freeport Indonesia sebesar 10 persen dari total 30 persen saham yang akan didevistasikan.

“kini kami sudah meminta sebanyak 10 persen bagi daerah. Akan tetapi hal tersebut belum kami bicarakan”. Ungkap Lukas Enemble selaku Gubernur Papua, Jakarta, Jumat (6/ 2/ 2015).

Pada tahun 2015 ini PT Freeport Indonesia rencananya akan mendevistasikan sebanyak 10,64 persen dari sahamnya. Pelepasan itu merupakan bagian dari total kewajiban yang akan didevistasikan sebanyak 30 persen sahamnya.  Saat ini pemerintah telah mempunyai 9,36 persen saham PT Freeport Indonesia yang diperoeh sejak kontrak karya generasi pertama yang di tandatangani pada tahun 1967. Oleh karena itu, PT Freeport Indonesia akan melepaskan sahamnya sebanyak 20,64 persen lagi.

Lukas pun sangat berharap banyak. adanya pembagian saham tersebut nantinya kesejahteraan rakyat Papua akan meningkat dan perekonomianya juga akan membaik. Untuk saat ini ia menjelaskan bahwa 31 persen dari penduduk yang ada di Papua tergolong pada kategori meskin.

“Masyarakat yang ada di Papua sangatlah miskin jika dibandingkan dengan provinsi lainya, padahal kita ketahui sendiri di wilayah ini terdapat tambang emas terbesar di dunia yakni PT Freeport. Maka saya punya target dalam 2 tahun saya harus menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 27 persen”. Ungkap dia.

Menanggapi hal tersebut Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih harus membicarakan lebih lanjut berapa porsi saham untuk daerah. Intinya pemerintah ingin divestasi dari saham PT Freeport dapat memberikan keuntungan kepada negar yang sebesar- besarnya.

Lebih lanjut Menteri Sudirman memaparkan, “Divestasi saham PT Freeport haruslah memberikan keuntungan yang maksimal untuk negara Indonesia ini. Adapun mengenai suara Papua, kami akan mengakomodasi aspirasi yang ada lalu kami akan bicarakan hal itu lebih lanjut. Dari sini nanti kita akan menentukan berapa porsi daerah untuk memperoleh saham divestasinya dari PT Freeport”.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: