Banjir, Akibat Tanggul Sungai Cironggeng Jebol

 

Tanggul Sungai Cironggeng Jebol

Foto – FokusJabar.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kembali dengan peristiwa banjir, kini wilayah bandung mengalami banjir lantaran sungai cironggeng yang ada diperbatasan sicaranten wetan  yang ada dikota bandung tanggulnya jebol. Sehingga jalur soekarno hatta – cisaranten terputus total. Banjir ini mengakibatkan jalyr tersebut tidak bisa dilewati lagi. Sehingga pihak polsek setempat meminta untuk memutar balik kendaraannya saat warga akan melewati jalur tersebut. Brigadir edi suwadi selaku polsek arcamik menyatakan bahwa sementara ini jalur tersebut tidak bisa untuk dilewati dan sebaiknya untuk memutar balik dan lewat jalur yang lain. Tuturnya saat ditemui dilokasi jumat kemaren (06/02/2015). Keadaan yang sangat memprihatinkan ini membuat para petugas berusaha untuk memperbaikinya.

Dan usaha untuk mengalirkan air agar tidak semakin meninggi, maka dilakukanlah penjebolan tanggul yang berada di dekat perumahan sekitar pemda. Semua warga dengan sigapnya menangani hal tersebut yang juga dibantu oleh para petugas. Banjir yang terjadi kali ini menjadikan aktifitas warga setempat terhambat. Karena adanya jalan yang terputus dan tidak bisa dilewati.warga bergotong royong untuk mengatasi banjir tersebut. Terlebih petugas dari kepolisian dan juga dari pihak yang lain turut membantu mengatasinya maka dirasa banjir ini akan bisa teratasi dengan baik. Tanggul yang jebol ini perlu di benahi kembali dengan bangunan yang lebih kuat sehingga tidak akan terjadi banjir lagi.

Banjir di wilayah ini tidak hanya dialaminya kali ini, tapi juga ditahun 2012 serta tahun 2013 yang llau. Kasusnya juga sama. Tanggul dari sungai ini jebol sehingga mengakibatkan banjir. Oleh karena itu terhitung mengalami banjir sudah 3 kali ini. Untuk itu pemerintah kota bandung diharapkan agar nantinya ketika membangun tanggul sungai kembali dengan yang lebih kuat dan memperhatikan berbagai komponen yang lain. Sehingga banjir bisa diantisipasi. Karena ketika banjir ini terjadi maka warga sangat dirugikan. Tiga kali banjir terjadi membuat warga menjadi lebih was- was dan untuk segera diatasi oleh pemerintah setempat.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: