Mampu Mengguncang Pasar Ikan Dunia, Ini Klaim Menteri Susi Atas Kebijakannya

Mampu Mengguncang Pasar Ikan Dunia, Ini Klaim Menteri Susi Atas Kebijakannya

HarianDepok.com- Bisnis ,Susi Pudjiasari selaku Menteri  Kelautan dan Perikanan mengklaim bahwa kebijakan- kebijakan yang selama ini ia ambil telah memberikan dampak yang positif di sektor perikanan terlebih untuk perikanan yang ada di Indonesia.

Bahkan dengan beberapa aturan yang ada seperti pelanggaran transhipment di tengah laut serta kebijakan menenggelamkan kapal, kini negeri ini dapat mempengaruhi pasar ikan dunia.

“pada dasarnya Indonesia harus bersukur, Kita itu mempunyai pengaruh terhadap pasar seafood dunia, Sokla tutup, General Santos tutup. Ini menunjukan ada peluang terbukanya pasar ikan dunia untuk produk- produk dari Indonesia”. Ungkap Susi, Jakarta, Jumat (6/ 2/ 2015).

Lebih lanjut ia memberikan contoh dengan adanya kebijakan transhipment serta lebih ketatnya pengawasan terhadap kapal- kapal asing yang biasa mengambil ikan di perairan Indonesia, negara dengan jumlah konsumsi besar seperti halnya Jepang kini mulai mengambil produk perikanan langsung dari nelayan Indonesia.

“Sekarang ini orang- orang Jepang mulai meminta kepada kita untuk minta bertemu. Dulu kan mereka membeli ikan dari negara tetangga Thailand, Malaysia, Filipina membeli dari pencuri ikan kita. Untuk sekarangkan laut kita ketat mereka sudah tidak bisa lagi mencuri dari kita makanya Jepang mulai membeli ikan dari kita”. Ujar Susi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa aturan terkait ilegal fishing yang ia terapkan sangatlah efektif dan memberikan pengaruh yang cukup besar. karena selama ini, negara seperti Filiphina, Malaysia, dan  Thailand selama ini mengandalkan perikananya dari laut Indonesia.

Selain itu mahalnya harga komoditas di sektor perikanan dunia tidaklah memberikan pengaruh kepada Indonesia. Kondisi ini dinilia sebagai keberhasilan dari kebijakan yang dijalankan pemerintah pada sektor perikanan dan kelautan.

Ia pun mengutarakan, “di luar negeri sana harga ikan terbilang mahal, akan tetapi di dalam negeri sendiri harga ikan justru malah mulai turun. Itu kan sudah bagus dan menunjukan kebijakan yang kita ambil sudah tepat. Nanti apabila kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi maka kita ekspor, kan harga diluar sana lumayan mahal”.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: