Di Bandung Utara Perlu Adanya Moratorium Dan Audit Properti

Di Bandung Utara Perlu Adanya Moratorium Dan Audit Properti

HarianDepok.com- Properti – Menyusutnya daerah resapan air yang ada di kawasan Bandung Utara, Jawa Barat perlu adanya tindakan nyata melalui moratorium pembangunan properti. Selain dari itu, kepada properti komersial yang terlanjur dibangun penting untuk dilakukan audit perihal perizinanya.

Dadan Ramdan selaku Direktur Wahana Lingkungan Hidup daerah Jawa Barat mengatakan adanya moratorium properti komersial di KBU sangatlah mendesak untuk dibuat. Tujuanya adalah untuk membatasi terjadinya ekspansi pembangunan di wilayah tersebut.

“Moratorium pembangunan komersial harus seceptnya diwujudkan. Kemarin sbenarnya sudah ada wacana moratorium, akan tetapi tidak jadi. Sekarang itu harus diwujudkan sebenarnya. Apabila tidak pemerintah sendiri yang akan kesulitan mengingat daerah resapan air semkin minim”. Ungkap Dadan, Kamis (05/ 2/ 2015)

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa masih banyak usulan dari pemerintah Provinsi yang belum tepat sasaran. Pemerintah perlu melakukan audit kepada properti komersial di KBU. “pemerintah harus mengaudit lagi izin dari properti tersebut, karena merekalah yang mempunyai wewenang. Perlu dikaji ulang apakah sudah sesuai dengan dampak lingkungan atau belum”. Ungkapnya.

Padahal kalau kita tahu, untuk mendapatkan izin membangun di kawasan Bogor Utara sangatlah sulit. Karena untuk mendapatkan izin harus tunduk kepada aturan pengadilan serta pemanfaatan ruang Kawasan Bandung Utara. Selain itu pemanfaatan ruangnya harus disesuaikan dengan kaidah konservasi, daya tampung lingkungan, serta daya dukung untuk wilayah cekungan Bandung.

Izin pemanfaatan ruang di Kawasan Bandung Utara seperti halnya izin lokasi, izin mendirikan bangunan, dan izin perencanaan diterbitkan oleh Bupati atau Wali Kota. Namun sebelum Wali Kota atau Bupati menerbitkan izin tersebut, izin tersebut haruslah mendapatkan rekomendasi dari gubernur terlebih dahulu.

Dadan juga menjelaskan, karena hal tesebut saat ini sudah banyak mata air yang ada di Kawasan Bandung Utara dikarenakan adanya pembangunana komersil tersebut. Padahal kita ketahui bersama, Kawasan Bandung Utara merupakan salah satu daerah utama yang menjadi resapan air untuk Kota Bandung selain Wilayah Soreang.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: