Proses Perawatan Jujuk Srimulat Mengobati Kanker Yang Di Deritanya

Proses Perawatan Jujuk Srimulat Mengobati Kanker Yang Di Deritanya

HarianDepok.com – berita – Nasional , Sang menantu, Quirinto Endhi (47) menceritakan tentang penyakit yang di derita komedian senior Djujuk Djuwariyah atau yang akrab disapa Jujuk Srimulat tutup usia, Jumat (6/2/2015). “Ibu meninggal diusia 67 tahun, secara klinis bliau mengiap sakit kanker tapi belum tau kanker apa. Karena belum belum sempat dicari sudah menyebar ke seluruh tubuh.” Tutur sang menantu kepada wartawan di RS Panti Rapih di Yogyakarta. Jumat (6/2/2015).

Sebelum direawat di RS Kasih Ibu di Surakarta , olh dokter setempat disarankan untuk menjalani operasi karena terdapat tumor dibagian rectum atau saluran pembuangan. Namun dua tiga hari sesudahnya dibwa ke RS yang ad di Singapura, belum sempat dioperasi kondisinya sudah miulai membaik.

Jujuk kembali merasakan sakit pada tubuhnya setelah satu tahun berselang, dan sudah dua kali dibawa ke RS Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta. Sempat pulang dan kondisinya tidak kunjung membaik,  kemudian dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Solo dua kali. Menurut keterangan dokter di sana, jujuk Srimulat di diagnosa sakit rematk.

“Diagnosa selalu bilang rematik, padahal ada sekian ratus jenis penyakit rematik,” jelas sang menantu. Tak lama kemudian kondisinya semakin memburuk dan rasa sakit menyebar ke bagian tulang. Kemudian Jujuk Srimulat oleh keluarga dibawa ke RS Ortopedi Solo. Setelah diperiksa oleh dokter, beliau divonis mengidap penyakit kanker yang kondisinya sudah menyebar sampai ke tulang.

Seebelumnya sempat disarankan untuk dibawa ke RS dr Moewardi Surakarta, namun atas inisiatif keluarga beliau langsung dibawa ke Yogyakarta,. Karena biasanya penderita kanker dirujuk ke RS Sardjito Yogyakarta. “Tidak hanya tulang, kanker sudah sampai paru-paru. Tetapi baru mau dicari (jenis penyakit kankernya) kondisi fisik ibu sudah tidk kuat. Dan dokter mengatakan ibu sudah tidak punya harapan lagi. (disaat terakhir) sepuluhi menit sebelumnya  masih sempat minta minum teh dan bisa diajak komunikasi .” ucapnya.

[ TaaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok